Batang Agam Jadi Wisata Baru di Payakumbuh

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan

Batang Agam Jadi Wisata Baru di Payakumbuh

Kamis, 09 Januari 2020
Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh Andiko Jumarel.

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Normalisasi Batang Agam di daerah Sungai Pinago, Kecamatan Payakumbuh Barat terus dilakukan untuk dipersiapkan sebagai kawasan wisata dan olahraga baru di Kota Randang itu.

Pantauan fajarsumbar.com, Kamis (9/1), di sekitaran BWS Sumatera Lima, sejumlah masyarakat bersama keluarga mulai berdatangan meski proses pembangunan masih berlangsung. Pengunjung juga terlihat cukup menikmati karena lokasinya cukup mendukung untuk berfoto.

"Saya sengaja mengajak anak-anak ke sini sekalian berfoto-foto," kata salah seorang pengunjung, Eka Fitri yang merupakan warga Payakumbuh Utara.

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh Andiko Jumarel yang ditemui di lokasi menyebut, pengembangan Batang Agam sebagai kawasan wisata baru merupakan terobosan dari Walikota Payakumbuh, Riza Falepi.

"Bapak Walikota Riza Falepi memiliki visi jelas untuk terus mengembangkan kawasan di sepanjang Batang Agam ini. Karena memang potensinya besar," kata Andiko.

Saat ini, kata Andiko, pembangunan beberapa sarana yang ada di daerah tersebut masih dalam pengerjaan yang direncakan selesai dalam waktu dekat.

"Khusus untuk aliran Batang Agam di daerah Sungai Pinago ini pembangunannya itu ada skate park, stadion sepakbola, GOR, taman-taman dan lainnya. Pengerjaan sudah lebih dari 95 persen," sebutnya.

Dengan adanya pembangunan tersebut, kawasan ini dapat menjadi pusat olahraga dan wisata baru bagi masyarakat dan wisatawan yang akan berkunjung ke Payakumbuh.

"Di lokasi ini kita juga akan menggelar event-event budaya. Untuk menambah daya tarik dan kenyamanan di lokasi tersebut juga akan disiapkan pusat kuliner. Mudah-mudahan seluruh warga Sumbar bisa menikmati lokasi ini nantinya," terangnya.

Untuk saat ini Pemko Payakumbuh akan fokus untuk memaksimalkan potensi dari pembangunan-pembangunan yang tengah dilaksanakan ini. Andiko juga tidak menampik pembangunan tersebut juga disiapkan untuk menambah PAD di Payakumbuh.(rio)