Bawaslu Padang Panjang Awasi Rekrutmen PPK -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Bawaslu Padang Panjang Awasi Rekrutmen PPK

Sabtu, 18 Januari 2020
.
Padang Panjang, fajarsumbar.com- Bawaslu Padang Panjang melakukan pengawasan tahapan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Sumatera Barat 2020 se - Kota Padang Panjang.

Pengawasan dilakukan Bawaslu Padang Panjang secara melekat agar menghasilkan personel PPK yang berintegritas dan berkualitas dalam melaksanakan tahapan Pilkada Sumatera Barat 2020.

“Tahapan Perekrutan PPK akan kita awasi,” kata Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina , kepada fajarsumbar.com, saat melakukan pengawasan lansung rekrutmen PPK dikantor KPU Padang Panjang, Sabtu (18/1).

Langkah pertama yang dilakukan untuk pencegahan, kata Santina, Bawaslu mengintruksikan kepada Panwascam se - Padang Panjang mengawasi pemasangan pengumuman di masing-masing kecamatan dan kelurahan.

Disebutkan Santina,  KPU harus mengikuti PKPU dalam melaksanakan rekrutmen, sedangkan Bawaslu dalam proses pengawasan, bersifat langsung dan tidak langsung.

" Pengawasan langsung, personel  dari pengawas pemilu akan melakukan pengawasan dalam kegiatan rekrutmen, seperti pendaftaran, tes tertulis dan lainnya," ujar Santina.

Sementara, pengawasan tidak langsung, lanjut Santina, Bawaslu Padang Panjang akan mencermati dokumen jika terdapat dugaan pelanggaran, " Kita tidak mencermati dokumennya satu persatu karena kita tidak dapat salinannya," ujar Santina.

Salah satu syaratnya PPK tidak boleh menjadi anggota partai politik, tidak boleh menjabat dua kali anggota PPK, usia paling rendah 17 tahun. Selanjutnya, dokumen lain seperti kesehatan, narkoba dan lainnya.

Bawaslu pun berharap, KPU melakukan perekrutan PPK sesuai juknis agar PPK yang terpilih benar-benar memiliki integritas dan netralitas serta tidak terlibat dalam partai politik.

"Jika kami ditemukan atau ada yang melaporkan adanya dugaan pelanggaran kita bisa meminta dokumen tersebut untuk dicermati,” tegas Santina.(adek)