BMKG: Waspada, Intensitas Hujan Meningkat

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan

BMKG: Waspada, Intensitas Hujan Meningkat

Minggu, 05 Januari 2020

 
(liputan6.com)

Jakarta, fajarsumbar.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan intensitas hujan di sejumlah wilayah mulai Minggu 5 Januari 2020 meningkat. Kondisi ini akan berlangsung hingga Jumat 10 Januari 2020.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, peningkatan curah hujan ini cenderung terjadi jelang malam hari.

"Mohon ini diperhatikan prakiraannya. Jadi pada tanggal tersebut curahan hujan akan meningkat lagi. Curah hujan meningkat menjelang malam hari sampai dinihari," kata Dwikorita di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Jumat 3 Januari 2020.

Perempuan yang akrab disapa Rita ini menyebutkan, peningkatan curah hujan tersebut didorong oleh aktivitas massa udara basah yang berembus dari Pantai Timur Afrika melintasi Samudera Hindia. Massa udara ini akan berumur ke Samudera Pasifik yang terlebih dulu melewati Indonesia.

"Ada lima masuk melalui Sumatera Barat menuju Samudera Pasifik. Tapi jalurnya lewat kepulauan Indonesia. Masuk menuju ke Kalimantan, menyenggol ke Jawa, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung," rektor perempuan pertama Universitas Gadjah Mada ini menjelaskan hasil analisis BMKG.

Dia menekankan, bertambahnya intensitas curah hujan ini bukan hanya terjadi di Jawa bagian barat. Melainkan seluruh Pulau Jawa, baik tengah maupun timur.

"Jadi bukan hanya Jabodetabek," terang dia.

Sementara itu, pada 11-15 Januari 2020, pergerakan massa udara basah itu akan bergeser ke daerah Kalimantan Barat. Lalu bergerak ke arah timur melewati Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur sebagaimana dikutip pada liputan6.com.

"Akhirnya mampir ke Sulawesi Selatan dan di Sulawesi Tenggara. Nah, ini berjalan terus sehingga intensitas curah hujan tinggi di zona-zona tersebut," ujar dia.
"Ini prakiraan bukan perkiraan sehingga mohon dipersiapkan," lanjut Kepala BMKG. (*)