Bupati Dharmasraya Tinjau Proyek Sentra IKM

iklan halaman depan



Bupati Dharmasraya Tinjau Proyek Sentra IKM

Rabu, 15 Januari 2020
Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan didampingi Kadiskumperdag tinjau sentra industri kecil menengah di Jorong Kampung Dondan, Kenagarian Gunung Medan, Sitiung, Selasa (14/1/2020).

Dharmasraya Fajarsumbar.com - 
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan tinjau proyek pembangunan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) berada di Jorong Kampung Dondan, Kenagarian Gunung Medan, Kecamatan Sitiung Selasa (14/1/2020). 


Pada kesempatan itu juga didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskumperdag) Kabupaten Dharmasraya Drs Zubrizal bersama Kabid Perindustrian Elsi Oktavia. ST, MM, serta para pimpinan kontraktor dan pengawas lapangan. 

Menurut Raja muda Koto Besar itu, pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Diskumperdag telah mampu mendatangkan dana APBN senilai Rp28 Milyar lebih, melalui Dana Alokasi Kusus (DAK) tahun 2019 dari Kementrian Perindustrian, untuk pembangunan sentra IKM logam di kabupaten mekar itu. 

Pembangunan sentra IKM logam ini, merupakan terbesar di Sumatera dan akan menjadi ladang ilmu, serta sumber ekonomi bagi masyarakat Dharmasraya kedepan. Karena pengelolaan atau pengoperasiannya langsung dilaksanakan oleh masyarakat. 

"Adapun tenaga teknis, pengoperasian sentra IKM logam, telah dilakukan pembinaan sebanyak 10 orang, diambil dari anggota IKM binaan Diskumperdag. Selain tenaga teknis, sentra IKM juga akan mampu merekrut tenaga sebanyak 62 orang, saat mulai beroperasi. 

Ia juga menambahkan, saat ini pembangunan sentra IKM logam sudah sampai pada tahap finising, paling lambat Februari tahun sudah dapat di operasikan. 

Pembangunan sentar IKM akan dioperasikan dalam waktu dekat itu, meliputi pembangunan Kopel sebanyak 10 unit, Bengkel 2 unit, ditambah dengan bangunan gudang dan pagar. Untuk pembangunan  infrastruktur menelan dana sekira Rp16 milyar lebih, bengkel sekira Rp6 Milyar lebih, dan alat kelengkapan berupa mesin sekira Rp 6 Milyar lebih. 

Prodak akan dihasilkan sentra IKM logam kedepannya, meruoakan alat pertanian, seperti cangkul, arit, pisau, golok, dodos, dan berbagai alat pertanian lainnya. Serta menyediakan perbaikan alat mesin pertanian, seperti Traktor, mesin bajak, mesin perontok gabah, dan berbagai alat mesin pertanian lainnya. Semuanya akan dapat diperbaiki di sentra IKM logam.  

"Di lokasi sentra IKM logam juga akan mampu membuat Tanki mobil, bak truck, serta souvenir khas daerah berbahan logam.

Bupati juga menekankan kepada kontraktor pelaksana pembangunan Sentra IKM logam, agar selama pelaksanaan finising proyek memperlihatkan hasil yang baik. Sehingga mendapat nilai terbaik dari pemerintah maupun masyarakat, pungkas Sutan Riska Tuanku Kerajaan. (Fani)