Diduga Dikerjakan Asal-asalan, Proyek Dam Dusun Sawah Tambang, Sawahlunto Amblas

iklan halaman depan



Diduga Dikerjakan Asal-asalan, Proyek Dam Dusun Sawah Tambang, Sawahlunto Amblas

Rabu, 08 Januari 2020
Inilah proyek dam dan pelebaran jalan kampung baru dikerjakan sudah amblas.

Sawahlunto, fajarasumbar.com - Warga Surau Bungo, Dusun Sawah Tambang, Desa Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto geram dengan proyek dam dan pelebaran jalan di lokasi tersebut. Sebab belum lama selesai dikerjakan proyek dam itu sudah amblas.

Linda warta setempat menceritakan kepada fajarsumbar.com, Rabu (8/1/2029), proyek dam dan pelebaran jalan itu selesai seminggu sebelum Lebaran Idul Fitri 2019. 

Namun belum lama dinikmati masyarakat, proyek tersebut sudah rusak dan ambrol, bahkan lebih parah lagi kondisi dari dahulu sebelum diperbaiki. 


Menurutnya selaku masyarakat, melihat kondisi proyek yang seperti ini sangat memprihatinkan. Melihat cuaca yang sering hujan jika tidak diantisipasi cepat, tidak akan ada lagi jalan kami, bisa jadi rumah buruk kami terbawa ke bawah. 

"Kami berharap, pemerintah ya tolonglah kami. Kan sudah melihat keadaan sebenarnya. Inikan musibah namanya, tidak dapat pula sama kami. Kalau dapat tolong perbaiki secepatnya pak," kesalnya..

Ia menjelaskan, dulunya jalan tersebut setapak kemudian diperlebar dan ditimbun. "Kami bukan menyalahkan siapa-siapa, kami menduga dari pengecoran sajalah, bahan dan semennya terkesan asal-asalan saja, sehingga proyek ini cepat hancur," ujarnya.

Ia mengaku hanya seminggu dapat merasakan jalan tersebut hingga akhirnya amblas.

"Belum PHO proyeknya sudah langsung putus jalan ini. Kami hanya merasakan seminggu jalan ini sampai akhirnya putus. Ini sudah parah sekali pak, bisa-bisa rumah kami terbawa kebawah lagi", ujar Linda kesal. (ton)