Ghatik Tulak Bala Meriahkan HAB di Padang Pariaman

iklan halaman depan



Ghatik Tulak Bala Meriahkan HAB di Padang Pariaman

Minggu, 05 Januari 2020
Mengawali prosesi kegiatan ghatik tulak bala terlebih dahulu dilakukan pengarahan dari ulama.

Padang Pariaman, fajar sumbar.com - Kearifan lokal perlu disikapi secara bijak ditengah-tengah masyarakat. Apalagi bernuansa religius. Hal ini demi menjaga kebersamaan dalam membangun keagamaan yang bersifat positif. Seperti kegiatan "Ghatik Tulak Bala" yang mulai tergerus d itengah perkembangan ummat. "Sehingga kegiatan Ghatik Tulak Bala kita laksanakan Jum'at malam (3/1).

"Kegiatan ini atas permintaan dan kesepakatan para Tuanku dan Labai Pagawai dalam Nagari," kata Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sungai Geringging, Padang Pariaman Adri Ahmad, MA kepada fajarsumbar.com di Pariaman, Sabtu (4/1).

Adri Ahmad mengatakan, kegiatan Ghatik Tulak Bala dengan lafaz zikr, shalawat dan do'a ini dipandu oleh salah seorang yang paham tentang itu, dilaksanakan secara serentak di tiap nagari di Kecamatan Sungai Geringging.

Kegiatan Ghatik Tulak Bala dengan cara berjalan kaki berombongan ini, sebur Adri.Ahmad di Nagari Malai III Koto dengan Rute mulai Star Sungai Geringging II Finis di Jambatan Batang Kamumuan. Dalam rombongan I ini langsung dipimpin Camat Sungai Geringging Kecil Ardinata,Ama,Pd didampingi Wali Nagari Malai III Koto Yul Ananda , Bhabinkamtibmas Brigadir Irdiwan Serta Tokoh Agama dan Tokoh Adat dan Pemuda

Kemudian untuk  Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu dengan Rute  Star Hall Sharita - Finis Balai Kamih yang dipimpin oleh Kapolsek Sungai Geringging AKP Dasrul  didampingi Kanit Binmas Aipda Joni Welmi, Wali Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu Jon Kenedy serta Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Pemuda.

Sementara itu di Nagari Kuranji Hulu dengan Rute Star Simpang Kalawi, Surau Talang dan  Finis di Simpang Sidi yang dipimpin oleh Danramil Sungai Geringging didampingi Wali Nagari Kuranji Hulu Maswardi Serta Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Pemuda

Sedangkan di Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Rute dengan Star  Pasar Koto Bangko sampai Kelok Patah dibawah Pimpinan Kepala KUA Sungai Gerngging  Adri Ahmad didampingi Wali Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Mayuni Dt.Kamulie, Bhabinkamtibmas Brigadir Faisal Tanjung, serta Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Pemuda

Kesemua kegiatan Ghatik Tulak Bala ini,ujar Adri Ahmad, berakhir pukul 22.00 WIB dibawah pengamanan personil Polsek Sungai Geringging.

"Tasyakuran melalui kegiatan Ghatik Tulak Bala di malam seusai HUT HAB Kemenag tahun 2020 ini, perlu dilestarikan dengan melibatkan segala pihak dari unsur Forkopimka, Wali Nagari, Korong, Tokoh Masyarakat dengan kesemua elemen dalam masyarakat" ujarnya.

Kita selalu bersama Guru TPA, MDA, Ponpes, Pondok Al-Quran, Ulama, Cadiak Pandai untuk menjaga kegiatan ini. Sehingga kebersamaan Kemenag semakin dikenal dan dikenang serta disenangi, hidup rukun masyarakat makmur, kata Kepala KUA Adri Ahmad mengakhiri. (saco)