Inspektorat Padang Pariaman Konsultasi dengan BPKP Sumbar, Ini yang Dibahas

iklan halaman depan

Inspektorat Padang Pariaman Konsultasi dengan BPKP Sumbar, Ini yang Dibahas

Sabtu, 18 Januari 2020
Inspektur Padang Pariaman Hendra Aswara bersama Korwas Bidang APD Jun Suwarno beserta Tim Auditor Inspektorat Padang Pariaman usai konsultasi di BPKP Sumbar, Kamis (16/1).

Padang Pariaman. fajar sumbar.com - Inspektorat Kabupaten Padang Pariaman akan menerapkan probity audit atau audit kejujuran dalam proses pengadaan barang/jasa pada sejumlah perangkat daerah di lingkungan Pemkab Padang Pariaman.

Probity audit ini diselenggarakan sebagai upaya meminimalisir kesalahan dan timbulnya permasalahan hukum dalam proses pengadaan barang/jasa (PBJ) Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Pentingnya probity audit, kata Hendra, merupakan langkah preventif untuk mencegah kesalahan atau ketidakjujuran dalam proses pengadaan. Sehingga tidak terjadi kerugian negara dan permasalahan hukum di kemudian hari.

"Inspektorat harus memberikan rasa aman dan nyaman kepada perangkat daerah terhadap proses pengadaan hingga pemanfaatan pembangunan" kata Inspektur Hendra Aswara di Ruang Rapat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera.Barat, Padang, Kamis (16/1).

Ia menambahkan juga diadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Probity audit yang difasilitasi oleh BPKP Sumbar. Adapun Bimtek di Kantor Inspektorat Padang Pariaman direncanakan, 28 s.d 30 Januari 2020 mendatang.

"Alhamdullillah, kami sudah koordinasi dengan BPKP Sumbar dan kita akan mengirim surat untuk bimtek tersebut" ujar Alumni STPDN itu.

Korwas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) BPKP Sumbar Jun Suwarno apresiasi inisiatif Pemkab Padang Pariaman dalam pelaksanaan probity audit terhadap proses pengadaan barang jasa.

Dalam konsultasi tersebut ikut mendampingi Inspektur Pembantu IV Deni Rizal dan Tim Auditor Inspektorat Padang Pariaman. (saco)