Kadis Dikbud Rahmang Jadi Pembina Upacara HKN di Kankemenag Padang Pariaman

iklan halaman depan

Kadis Dikbud Rahmang Jadi Pembina Upacara HKN di Kankemenag Padang Pariaman

Sabtu, 18 Januari 2020
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Drs.Rahmang, MM serahkan Piagam Penghargaan Kepala Kantor Kepala Kantor Kementerian Agama kepada Kasi Kurikulum H.Hasanuddin, S.Pd, MM Sang Motivator GPAI Padang Pariaman dalam suasama Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Kantor Kemenag, Kiambang, Jum'at, (17/1).

Padang Pariaman, fajarsumbar.com - Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang dilaksanakan dilingkungan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Padang Pariaman 17 di setiap bulannya, kali ini bertindak sebagai Pembina Upacara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Drs.Rahmang, MM di halaman Kankemenag, Kiambang, Jum'at (17/1).

Kadis Dikbud Rahmang merasa bangga dan mengapresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh jajaran aparatur Kankemenag untuk menjadi Pembina Upacara HKN 17-an di bulan Januari tahun 2020 ini.

"Kita hikmah dari HKN ini suatu pembelajaran kesadaran dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur sipil negara," kata Rahmang dalam amanatnya.

Ia mengakui merasa bangga dan berterima kasih karena bisa menjadi Pembina Upacara HKN di Kankemenag. "Walaupun Kemenag itu pegawai pusat, sedangkan Dinas Dikbud adalah Pemda, berarti suatu pertanda komunikasi dan koordinasi berjalan baik dalam membangun dan membina umat selama ini," ujarnya bersemangat.

Dikatakannya, Kankemenag dengan Dinas Dikbud seayun selangkah dalam membangun pendidikan di Padang Pariaman. Apalagi mengahadapi tantangan globalisasi dunia digital.

"Kemajuan dunia digital dalam dunia pendidikan tidak perlu kita risaukan. Yang terpenting perlu kita bangun adalah pendidikan karakter yang religius serta kesadaran berbangsa dan bernegara. Tantangan itu memang beresiko, tetapi disitu kesuksesan itu bisa diperoleh. Kita ambil yang positif dan dibuang jauh yang negatifnya," tegasnya.

Disinilah peran tokoh agama, sebutnya yang ditopang oleh tenaga pendidik, Pengawas Sekolah, Mubaligh dan para pelaku pendidik lainnya.

"Kebersamaan dan koordinasi antara Dikbud dan Kankemenag yang telah terbangun selama ini kita tingkatkan terus dalam membangun daerah," mintanya mengakhiri.

Dalam kesempatan Upacara HKN di awal tahun 2020 ini, Kadis Dikbud Rahmang didaulat untuk menyerahkan Piagam Penghargaan dari berbagai kategori. Piagam Penghargaan berasal dari Kepala Kankemenag Padang Pariaman ini merupakan hasil pengamatan pihak Kankemenag atas kiprah dan dedikasi mereka untuk pendidikan agama di Sekolah.

Yakni H.Hasanuddin, S.Pd, MM, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Dikbud sebagai Motivator Guru Pendidikan Agama di Padang Pariaman, Zul Afni,S.Pd mewakili 17 Kecamatan, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) sebagai Penggiat dan Peduli Pendidikan Agama Islam Kabupaten Padang Pariaman, Nasrul Ilyas sebagai Penggiat Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) mewakili unsur dari SMP, Agusrizal dari unsur SMA/SMK, Endrawati dari unsur SD, Hendriadi sebagai Penggas Program Tahfidz di SD, Andrizal Ali sebagai Penggiat Pembelajaran PAI Berbasis Information Comunication Teknologi (ICT) di SD, Revi Asneli sebagai Penggiat dan Pengelola Surau One Day One Juz (ODOJ) PAI Padang Pariaman juga sebagai Penulis Buku dan Penggiat Literasi PAI Padang Pariaman.

Upacara HKN yang diikuti Kepala Madrasah, Pengawas, Kepala KUA Kecamatan, Penyuluh Agama, Penghulu se-Kabupaten Padang Pariaman dan ASN dilingkungan Kantor Kemenag itu berjalan tertib dan khidmad. (saco)