KPU Padang Panjang Buka Pendaftaran PPK

iklan halaman depan

KPU Padang Panjang Buka Pendaftaran PPK

Sabtu, 18 Januari 2020
Ketua KPU Padang Panjang Okta Novisyah

Padang Panjang, fajarsumbar.com-Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Padang Panjang, Sumbar mulai melakukan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat 2020.

Menurut Ketua KPU Padang Panjang Okta Novisyah, menyebutkan jajarannya membutuhkan 10 orang PPK guna membantu KPU Padang Panjang untuk 2 kecamatan yang ada di Padang Panjang.

Sesuai peraturan KPU, masa tugas PPK selama sembilan bulan, mulai Maret hingga November 2020 mendatang. Senada dengan itu,  penyampaian berkas lamaran sudah bisa diantar pada 18 - 24 Januari ke Kantor KPU Padang Panjang.

" Setiap kecamatan ada lima orang PPK-nya. Tahapan seleksi dari pengumuman dulu melalui website KPU dan media sosial KPU Padang Panjang,"  ujar Okta Novisyah didampingi Divisi Parmas dan SDM Winda Aprizona yang membidangi rekrutmen.

Winda Aprizona menambahkan pada tanggal 18 Januari 2020 ini, sudah dibuka pendaftaran dan kita berharap putra-putri terbaik Kota Padang Panjang ikut ambil bagian sebagai penyelenggara pada Pilkada 2020. 

Dalam aturan terbaru, setiap kecamatan minimal dilamar oleh 10 orang peserta. Jika tidak sampai 10 orang, maka KPU Padang Panjang akan memperpanjang masa pendaftaran selama tiga hari.

"Setelah itu akan kita seleksi administrasinya. Setelah lengkap, maka akan kita umumkan ke masyarakat. Masyarakat bisa memberikan sanggahan atas hasil seleksi tersebut," ujar Winda Aprizona.

Untuk tes, KPU Padang Panjang tidak menggunakan sistem CAT dikarenakan tidak adanya sarana prasarana yang memadai. "Kita lakukan ujian tertulis biasa. Setelah itu nanti akan ada tes wawancara sekaligus konfirmasi jika ada sanggahan," ujarnya.

Kemudian, dari hasil tersebut akan kita umumkan lagi kepada masyarakat. Minimal ada 10 orang yang diumumkan, mulai dari peringkat satu sampai sepuluh," papar ibu yang ramah dan mudah bergaul ini.

Untuk mengetahui syarat dan ketentuan untuk menjadi PPK, silahkan dilihat di website KPU Padang Panjang atau akun facebook KPU Padang Panjang atau bisa juga datang langsung ke Sekretariat KPU Padang Panjang di Jalan Syech M. Djamil Jaho No. 12. Kel. Guguk Malintang.

Dari pantauan fajarsumbar.com dilapangan, hingga jam 13.30 WIB tercatat sebanyak 5 orang pendaftar telah mengembalikan berkas. Tiga orang dari kecamatan Padang Panjang Barat dan 2 orang dari Padang Panjang Timur .(adek)