Longsor Hantam Luhung Pasar Baru Bayang, Pessel, Tiga Rumah Hancur

iklan halaman depan

Longsor Hantam Luhung Pasar Baru Bayang, Pessel, Tiga Rumah Hancur

Minggu, 19 Januari 2020
Warga goro membersihkan rumah warga yang dihantam longsor, Minggu (19/1/2020).  (prima/fajarsumbar)

Painan, fajarsumbar.com -  Tiga unit rumah di Kampung Luhung, Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tertimpa tanah longsor, Sabtu (18/1).

Ketiga rumah tersebut, masing masing milik Tasnadri (Ujang) 49 tahun, mengakibatkan dapur dan dinding rumah dan bagian belakang roboh.

Rumah milik Syafrianto, bagian dapur roboh dan rumah Darliusni, memgalami kerusakan pada bagian dapur rumah.

"Selain itu, disejumlah rumah penduduk di Kampung Luhung juga dimasuki material longsor berupa lumpur," kata Camat Bayang Ilham Rahmadsyah Putra.

Dari pantauan di lapangan pagi ini Minggu (19/1) warga Luhung melakukan goro guna membersihkan di rumah yang tertimbunan lumpur.

Sementara itu, Camat Linggo Sari Baganti, Rahmat Hidayat menyebutkan, empat nagari di kecamatannya dilanda banjir, Sabtu malam.

Keempat nagari yang dilanda banjir tersebut, Nagari Lagan Hilir Punggasan, Punggasan Timur, Padang XI Punggasan dan Air Haji Tenggara. "Banjir saat ini sudah surut,"  kata Rahmad Hidayat.

Selain banjir, juga terjadi tanah longsor di Gunung Linggo, Kampung Koto Merapak Nagari Padang XI Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Menurut camat berdasarkan data sementara tidak ada kerugian material karena lokasi longsor jauh dari pemukiman masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Erman Budiarto, menyebutkan, pihaknya sudah menurunkan tim ke lapangan.(roni)