Mari Elka ke Bank Dunia, Gubernur BI Sampaikan Ucapan Selamat

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan

Mari Elka ke Bank Dunia, Gubernur BI Sampaikan Ucapan Selamat

Sabtu, 11 Januari 2020

 
(cnnindonesia.com)
Jakarta, fajarsumbar.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan ucapan selamat kepada Mari Elka Pangestu atas ditunjuknya Mari sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

Ia mengaku sudah mengenal Mari Elka dengan baik, dan yakin mantan menteri perdagangan itu akan menjalankan tugas dengan baik ke depan.

"Saya kenal betul dengan bu Mari, dan atas nama pribadi, dan BI, selamat kepada bu Mari yang menjadi salah satu menjadi pimpinan tertinggi di Bank Dunia," kata Perry di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Menurutnya, penunjukan Mari Elka akan membawa kebaikan kepada perekonomian secara keseluruhan, termasuk BI.
"Dengan ditunjuknya Mari Elka sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia ini akan membawa kebaikan pada negara-negara emerging market dan BI," tutur Perry.

Ia melanjutkan Mari dapat membantu negara-negara berkembang, seperti Indonesia, dalam membuat kebijakan-kevijakan pembangunan. "Karena bidang beliau menangani masalah development policy, seperti kebijakan pembangunan yang insyallah baik untuk emerging market, termasuk Indonesia," terang dia.

Sebelumnya, Bank Dunia menunjuk Mari Elka sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia. Penunjukan tersebut diumumkan oleh Presiden Bank Dunia David Malpass, Kamis dini hari, (9/1/2020).
Mallpas menyebut pengalaman Mari sebagai menteri telah diakui secara global, dan kemampuannya akan membantu Bank Dunia dalam mendukung pengentasan kemiskinan.

"Pengalamannya sebagai menteri senior, sekaligus ekonom dan peneliti yang diakui secara global, bersama dengan pengalaman kepemimpinannya yang luas dan keterlibatannya dalam forum-forum internasional tentang masalah pembangunan akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan kami di Bank Dunia dalam mendukung pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan," imbuh Mallpas dalam situs resmi Bank Dunia sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.

Dalam peran barunya, Mari Elka akan mengawasi program kerja kelompok praktik global Bank Dunia. Selain itu, ia juga akan mengawasi kelompok riset dan data Bank Dunia (DEC) dan fungsi Hubungan Eksternal dan Korporat. Pengangkatannya berlaku efektif 1 Maret 2020. (*)