Panwascam Padang Panjang Timur Tempati Kantor Sekretariat Baru

iklan halaman depan



Panwascam Padang Panjang Timur Tempati Kantor Sekretariat Baru

Rabu, 15 Januari 2020
Jajaran Panwascam Padang Panjang Timur mengelar rapat perdana di sekretariat yang sedang dibenahi

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwas Kecamatan) Padang Panjang Timur telah memiliki dan bakal menempati kantor sekretariat di Jalan KH Ahmad Dahlan,No 79, RT VII Kelurahan Guguk Malintang.

Kordiv SDM dan Organisasi Syamsuarni mengaku senang karena dengan adanya kantor sekretariat, Kesekretariatan dan Panwas Kecamatan Padang Panjang Timur akan mulai bekerja sesuai dengan arahan Bawaslu Padang Panjang.

Meskipun ada beberapa bagian yang perlu dibenahi kata Ketua Panwas Kecamatan Padang Panjang Timur Syamsuarni namun secara garis besar sudah bisa menunjang kerja-kerja jajaran Sekretariat dan Panwas Kecamatan.

" Ada bagian yang masih tahap perbaikan dan pembenahan tata letak dan ruangan serta pemenuhan sarana dan prasarana sekretariat, tapi secara garis besar sudah siap bekerja secara optimal," ujar Syamsuarni yang juga menjabat Ketua Panwascam Padang Panjang Timur ini.

Terpisah Koordinator Sekretariat Bawaslu Padang Panjang Zulhairi mengatakan secara teknisnya, para kepala sekretariat panwascam harus dapat memfasilitasi sekretariat meskipun anggarannya belum ada,” kata Zulhairi.

Zulhairi berharap para Kasek Panwascam se Kota Padang Panjang harus bisa memfasilitasi tugas, kewajiban dan wewenang Panwascam, karena hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Kasek bukan saja harus memfasilitasi tugas Panwascam.e

"Tetapi juga bertanggung jawab terhadap kinerja para pegawai di tingkat kesekretariatan, apabila ada pegawai yang tidak dapat bekerja maka segera laporkan ke sekretariat bawaslu kota," ujar Zulhairi.

Disisi lain Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina menegaskan para Kasek panwascam, bukan sebatas mengelola keuangan dan menata administrasi semata saja, tetapi juga memahami dan mempelajari ketentuan peraturan perundang-undangan terkait pemilihan umum kepala daerah.

Mengingat para Kasek Panwascam merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN), maka harus menjadi pelopor dan penyambung lidah bagi seluruh ASN di kecamatannya masing-masing menyangkut tentang netralitas ASN.

 “Berdasarkan PP No 53 tahun 2010 pasal 4 ayat 15 disebutkan netralitas seorang ASN yang harus dijaga bukan saja pada saat kampanye tetapi sebelum pencalonan, masa pencalonan dan sesudah pencalonan,” ujar Santina.(adek)