Pelanggaran Lalulintas Sepanjang Tahun 2019 Meningkat di Pasbar -->

iklan halaman depan

Pelanggaran Lalulintas Sepanjang Tahun 2019 Meningkat di Pasbar

Senin, 06 Januari 2020
Kendaraan yang terjaring penindakan oleh Satlantas Polres Pasbar. (Safnil)

PASBAR, fajarsumbar.com - Sepanjang tahun 2019 tercatat pelanggaran lalulintas di Satlantas Polres Kabupaten Pasaman Barat ada sebanyak 8.120 penindakan berupa tilang.

"Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya ada 6.623 penindakan tilang yang dilakukan, berarti ada sebanyak 1.497 peningkatan pelanggaran di tahun 2019," sebut Kasatlantas Polres Pasbar, AKP Andri Nugroho, Senin (6/1/2020).

Ia menjelaskan, peningkatan pelanggaran itu dikarenakan pengendara tidak taat aturan tata tertib saat berlalu lintas, pelanggaran itu didominasi pelanggaran yang kasat mata seperti, pengendara tidak menggunakan helm, tidak melengkapi surat-surat ketika berkendara dan pengendara dibawah umur.

Untuk itu ia mengimbau, kepada seluruh pengendara agar dapat tertib dan menaati aturan saat berlalulintas, serta memprioritaskan keselamatan, baik itu keselamatan diri sendiri maupun keselamatan pengendara lainnya.

Disamping itu ia akan mendorong para anggotanya lebih intens dalam melakukan penindakan. Tak hanya penindakan saat melaksanakan razia di jalan, akan tetapi jika ada bentuk pelanggaran lalu lintas lainnya ia tidak segan-segan akan menindak.

Fakta dilapangan kata Andri, pelanggar lalu lintas itu secara kuantitas sangat tinggi. "Tentu dengan banyaknya penindakan dengan tilang, ini terlihat polisi aktif melakukan penindakan pelanggaran dilapangan," ungkapnya.

Ia berharap, dengan intens nya petugas melakukan penindakan, semoga timbul kesadaran masyarakat dan lebih patuh lagi untuk taat aturan, sehingga dapat menekan tingginya jumlah kecelakaan," harapnya.

(Safnil)