Pelayanan Puskesmas di Padang Belum Maksimal

iklan halaman depan



Pelayanan Puskesmas di Padang Belum Maksimal

Senin, 13 Januari 2020
Azwar Siri 

Padang, fajarsumbar.com
– Komisi IV DPRD Padang mengunjungi pusat pelayanan kesehatan di Kuranji, Senin (13/1). Rombongan Komisi IV dipimpin Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani dan Ketua Komisi IV Azwar Siri.


Ikut dalam rombongan Wakil Ketua Komisi IV Mastilizal Aye dan anggota Komisi IV, diantaranya Zulhardi Z Latif, Zalmadi, Mukhlis, Dewi Susanti dan Faisal Nasir.

Dari 3 Puskesmas yang dikunjungi, berbeda-beda persoalannya. Tapi dari segi pelayanan, hampir semuanya tidak maksimal.

“Misalnya kita temukan, ada pelayanan di bawah tangga, bercampurnya ruangan lansia dan anak, sarana prasarana yang kurang, laham pakir tidak ada, kekurangan dokter dan perawatan,” ungkapnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siri menegaskan, masyarakat Kuranji membutuhkan Pustu dan Puskel. Pasalnya, keduanya bertujuan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita contohkan di Kalumbuk, di sana belum ada Pustu. Padahal, lokasi Puskemas dengan Kelurahan Kalumbuk terlalu jauh. Harus menyeberangi jalan Bypass,” ungkapnya.

Dikatakan Azwar Siri, menyeberangi jalan Bypass bagi warga menimbulkan trauma. Saran Kepala Puskesmas harus dibangun Pustu di Kelurahan Kalumbuk. Di Puskesmas Ambacang, kata Azwar Siri, ditemukan kondisi ruangan sempit. Padahal, warga yang mereka layani setiap hari adalah 18 orang.(bm)