Pemkab Pasaman Wacanakan Hutan Kota

iklan halaman depan

Pemkab Pasaman Wacanakan Hutan Kota

Kamis, 16 Januari 2020

(Pemkab Pasaman)




Pasaman, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman berencana menjadikan kawasan Taman Hutan Kota (THK) Lubuksikaping sebagai pusat konservasi flora dan fauna. Ini upaya pemda setempat menjaga alam tetap lestari. 

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengatakan, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan BKSDA Resor Pasaman untuk mewujudkan rencana tersebut, menjadikan kawasan hutan kota sebagai pusat konservasi. 

"Harapan kita, agar Hutan Kota yang kita miliki menjadi salah satu tempat untuk konservasi Flora dan Fauna sehingga berfungsi juga sebagai tempat wisata lokal bagi masyarakat," kata Atos, Kamis (16/1/2020).

Dijelaskan, bahwa konsep konservasi lebih kepada perlindungan habitat dan pelestarian serta pengembangan. Taman Hutan Kota nantinya juga berfungsi sebagai tempat edukasi dan pelestarian berbagai flora maupun fauna. 

"Disamping itu, Hutan Kota juga berfungsi sebagai kebun mini agar masyarakat bisa menikmati bentuk, warna, suara, keunikan dari flora maupun fauna yang dilestarikan disana," katanya.

Pemda setempat, kata Wabup Atos, serius menata hutan kota agar lebih memberikan manfaat kepada masyarakat. Selain dapat dimanfaatkan sebagai tujuan wisata  dan olahraga, hutan kota juga dapat dijadikan sebagai pusat penelitian dan pengembangan.

"Tapi dengan catatan, pemanfaatan tersebut dilakukan sepanjang tidak menganggu fungsi hutan kota yang telah ditetapkan sebelumnya," ujarnya sebagaimana dikutip pada harianhaluan.com.

Wabup menambahkan, menjadikan taman hutan kota sebagai pusat konservasi merupakan komitmen Pemkab Pasaman dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan dari kerusakan dan pemanasan global. 

"Yups, ini ikthiar Pemda Pasaman agar lingkungan tetap asri, alam kita tetap terjaga dengan baik. Ini demi anak cucu kita kelak," imbuhnya. (*)