Perumahan Bumi Nuansa Permai Desa Kolok Mudik Launching Fasilitas Air Bersih

iklan halaman depan

Perumahan Bumi Nuansa Permai Desa Kolok Mudik Launching Fasilitas Air Bersih

Selasa, 14 Januari 2020
Ir. H Dahler Datuak Panghulu Sati MSc, Ronny Eka Putra, Adrius Putra, Arifman dan Amri Permato saat launching fasilitas air bersih PDAM di Perumahan Bumi Nuansa Permai.

Sawahlunto, fajarsumbar.com - Dalam rangka mengimplementasikan yang telah dilakukan selama ini, pembangunan perumahan subsidi yang lengkap dengan fasilitas umumnya seperti PLN dan PDAM. Developer Perumahan Bumi Nuansa Permai launching fasilitas air bersih, Selasa (14/1/2020).

Selain itu, Mushalla juga akan dipersiapkan oleh developer Perumahan Bumi Nuansa Permai yang terletak di Desa Kolok Mudik Kota Sawahlunto dengan konsep nuansa terbuka. 

Sebanyak 115 Rumah subsidi dengan harga per rumah standar 2017 senilai Rp130 juta di perumahan Bumi Nuansa Permai sudah laku terjual.

Sementara di tahun 2019 harga itu sudah naik ke Rp140 juta, tahun 2020 harganya sudah menjadi Rp150 juta, tapi yang akan dibangun sebanyak 80 unit rumah lagi di tahun ini tentu akan mengikuti harga terbaru.

.

"Mungkin selama ini kita masih bertanya-tanya, kapan bisa perumahan ini bisa dihuni oleh pelanggan. Nah, kini sudah terjawab seluruh fasilitas sudah lengkap. Artinya, PLN sudah menyala dan PDAM yang dibantu oleh pemerintah juga sudah selesai pengerjaan fisik 100 persen. In Shaa Allah, hari ini PDAM sudah mulai beroperasi dan airnya sudah mengalir ke setiap rumah", sebut Ir. H Dahler Datuak Panghulu Sati MSc selaku Owner pengembang perumahan. 

Jadi untuk itu, kata dia, ini masalah program rumah subsidi, rumah subsidi ini memang harganya sangat murah, fasilitasnya oke. Namun persyaratannya agak ketat dibuat oleh pemerintah.

"Alhamdulillah, apa yang dilakukan. Harga yang murah itu karena pemerintah mensubsidi sebagian besar. Seperti uang muka, bunga, PPh diperkecil dan PPN dibebaskan sehingga harga tersebut separuh dari rumah non subsidi", ucapnya yang juga menjabat sebagai Ketua LKAAM Kota Sawahlunto ini.

Ia menjelaskan, inilah wujud Pemerintah dalam membangun sejuta rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Seluruh hasil pembangunan itu harus bisa dimanfaatkan untuk masyarakat dan konsumen. 

"Semoga masyarakat dapat menikmati dan memanfaatkan apa yang telah di programkan oleh pemerintah. Selaku pengembang, kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Sawahlunto melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Lingkungan Hidup (PerkimLH), kepada Direktur PDAM, semoga dengan terbukanya kran di perumahan Bumi Nuansa Permai ini, PDAM semakin banyak pelanggan dan semakin bertambah Inkam pendapatan daerahnya", harap Ninik Mamak Kolok tersebut.

Menanggapi hal tersebut Kepala Bidang Permukiman dan Perumahan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto Amri Permato menyampaikan, syukur Alhamdulillah pada hari ini kita siap launching perumahan Bumi Nuansa Permai di Desa Kolok Mudik untuk fasilitas air bersihnya.

"Tak lepas kerjasama kita dengan PDAM, bagaimana teknis pelaksanaan dilapangan, kami ucapkan terimakasih kepada teknis pelaksanaan di PDAM. Walupun ada kendala dalam pelaksanaan, ada beberapa keterlambatan. Tapi Alhamdulillah, ini dapat diselesaikan dengan baik", imbuhnya selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Kota Sawahlunto, Arifman mengatakan bahwa terimakasih dengan adanya program pemerintah yang membantu untuk masyarakat, khususnya untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Perumahan MBR sebanyak lebih kurang 115 sambungan yang telah dipasang atas dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perumahan Permukiman di DPKP2LH.

"Alhamdulillah, itu bahkan menambah dari kami juga, Kami sudah siapkan dan dari pihak developer kami berterimakasih yang telah menyediakan lahan pembangunan Reserver diatas lahan dari developer dan itu sangat membantu sekali dalam penyediaan teknis air bersih untuk masyarakat", ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, memang pengembangan pusat pemerintahan Kota Sawahlunto berada di kawasan Kandi kedepannya dan itu sangat dekat dengan perumahan ini. Pada saat ini secara resmi masyarakat yang akan tinggal di perumahan ini sudah merasakan air bersih dari PDAM Kota Sawahlunto.(ton)