Polres Payakumbuh Berkebun Strawberry dan Anggur -->

iklan halaman depan

Polres Payakumbuh Berkebun Strawberry dan Anggur

Senin, 06 Januari 2020
Tanam anggur dan strawberry

Payakumbuh, fajarsumbar.com  - Menindaklanjuti Program Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Aziz M.Si tentang “Polri Peduli Penghijauan” untuk meninggalkan warisan bagi penerus Polri di masa yang akan datang, Polres Payakumbuh berkebun strawberry dan anggur di halaman Polres, Minggu (5/1/2020).

Menurut Kapolres AKBP Dony Setiawan, sebagian strawberry dan anggur sudah ada yang ditanam mengelilingi halaman Polres 2 minggu yang lalu. “Bahkan di antaranya sudah ada yang berbunga dan berbuah”, pungkas Dony.

Tidak hanya itu, Kapolres AKBP Dony Setiawan didampingi Wakapolres Kompol Arie, Kabag Sumda Kompol Russirwan bersama anggota Polres Payakumbuh juga menanami halaman Polres Payakumbuh dengan jenis tanaman buah lainnya.

Kabag Sumda Kompol Russirwan selaku ketua pelaksana Program Polri Peduli Penghijauan mengatakan bahwa Polres Payakumbuh telah melakukan penanaman strawberry sebanyak 152 batang,  anggur sebanyak 17 batang, jambu madu hijau sebanyak 1 bantang, jambu black kingkong 1 batang, lemon 1 batang,  kelengkeng 2 batang dan kembang bokor sebanyak 3 batang.

Ketua pelaksana program tingkat Mabes Polri yang dipercayakan kepada Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Dr. Eko Indra Heri S.,M.M., berpesan bahwa penanaman pohon disesuaikan dengan tempat dan diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat antara lain bisa dimanfaatkan nanti untuk anak cucu, tinggi oksigen, memilik batang yang kuat atau memilik buah.

“Kegiatan ini bukan untuk pencitraan, tapi untuk meninggalkan warisan bagi anak cucu. Pohon bukan hanya ditanam tapi dibiarkan mati. Laksanakan program ini dengan hati yang ikhlas untuk kebaikan bukan untuk mendapat pujian/penghargaan“, lebih lanjut As SDM Kapolri menitipkan pesan moril kepada seluruh personel Polri se-Indonesia pada video conference, Kamis, 2 Januari 2020.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan bahwa program ini akan berlanjut dalam pekan ini juga dengan penanaman 1000 pohon pada hari Jumat, 10 Januari 2020. Dony mengemukakan bahwa 1000 pohon tersebut dibantu oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung Agam Kuantan dengan rincian bibit mahoni 100 batang, bayur 100 batang, sirsak 100 batang, nangka 100 batang, jambu bol 100 batang, jambu biji 100 batang, durian 100 batang, alpokat 100 batang, petai 100 batang dan jengkol 100 batang.

“Sesuai petunjuk dan arahan dari As SDM Kapolri, pohon-pohon tersebut nantinya akan ditanam di sekitar kantor Polres/Polsek, asrama Polres/Polsek dan lokasi-lokasi lainnya di wilayah hukum Polres Payakumbuh yang membutuhkan penghijauan. Kami juga akan memastikan bahwa tanaman-tanaman tersebut hidup dan terawat“, ujar Dony.(rio)