Pria di Tanah Datar Gunakan Pistol Mainan untuk Merampok Toko Emas

iklan halaman depan



Pria di Tanah Datar Gunakan Pistol Mainan untuk Merampok Toko Emas

Sabtu, 11 Januari 2020
(tersangka perampokan)


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Batusangkar dihebohkan oleh peristiwa perampokan di tokoh emas Permata Reno, Pasar Batusangkar, Jumat (9/1/2020). Pelaku melakukan aksinya sekitar pukul 10.30 WIB dan mengancam penjaga toko dengan pistol mainan.

Kasat Reskrim Polres Tanah Datar AKP Purwanto, mengatakan jika aksi pencurian  terhadap salah satu toko emas di pasar Batusangkar memang menggunakan pistol mainan. 

Kasat juga membantah kabar yang beredar jika tersangka berjumlah dua orang, hanya dilakukan seorang diri. Pelaku beridentitas Hasan Basri yang merupakan warga Kecamatan Salimpaung.

Kasat Reskrim juga mengungkapkan, aksi pencurian itu dimana pelaku berpura-pura hendak membeli emas sebanyak tiga emas dalam bentuk cincin. Setelah dipilih oleh pelaku cincin mana yang hendak dibeli, korban pun menyerahkan cincin tersebut. 

"Saat cincin emas berada ditangan pelaku, kemudian ditodongkanlah pistol mainan kepada korban yang sekaligus penjaga toko sedangkan pelaku lansung melarikan diri ke jalan raya.

Saat pelaku melarikan diri itu, korban lansung berteriak maling, sehingga didengar oleh juru parkir dan beberapa saksi. Pelaku juga sempat dihajar masa sebelum diamankan oleh aparat kepolisian,” ujar Kasat Reskrim sebagaimana dikutip pada harianhaluan.com.

Polisi saat itu mengamankan barang bukti berupa satu pistol mainan warna hitam dan satu cincin emas. Pemilik toko emas pun melaporkan kejadian itu kepada aparat kepolisian.

Sampai saat ini, pelaku masih dalam penyidikan aparat kepolisian Resor Tanah Datar. Pelaku dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. (*)