Riza Falepi Hendak Bangun 'Tol' Pariwisata Sumbar

iklan halaman depan

Riza Falepi Hendak Bangun 'Tol' Pariwisata Sumbar

Jumat, 17 Januari 2020
Riza Falepi. ist


Padang, Fajarsumbar.com - Semangat Walikota Payakumbuh, Riza Falepi maju dalam konstentasi Pilgub Sumbar tidaklah main-main. Pemimpin muda yang sukses memajukan Kota Payakumbuh dua periode ini sudah menyiapan visi yang kuat dalam membangun Sumatera Barat ke depan.

Dalam bincang-bincang dengan Fajarsumbar.com beberapa waktu lalu, politisi PKS ini mengungkapkan cita-citanya membangun 'tol' pariwisata di Sumbar. Tol pariwisata yang dimaksud adalah akses jalan yang bagus untuk menghubungkan destinasi wisata yang ada di Sumbar.

Pariwisata menurut alumni ITB ini adalah potensi dan harapan besar bagi Sumatera Barat. "Mimpi saya membangun tol pariwisata Sumbar. Akses jalan yang bagus dan lebar yang menghubungkan destinasi pariwisata daerah ini, mulai dari pesisir dan objek-objek wisata lainnya," ujar Riza Falepi.

Sebagai seorang insinyur, akses jalan menurut Riza Falepi sangatlah penting. Dengan koneksi jalan yang bagus, wisatawan menjadi mudah dan memiliki keleluasaan dalam menentukan destinasi wisata yang diinginkan. Wisatawan juga dengan mudah menikmati banyak destinasi yang beragam.

Di pesisir, wisatawan bisa menikmati objek wisata bahari Sumbar yang eksotik. Mulai dari kawasan Mandeh, Air Manis, Pantai Padang, hingga Pantai Pariaman. Dengan mudah, wisatawan bisa menikmati objek wisata unik lainnya yang ada di kawasan pegunungan, lembah, dan kampung-kampung tradisional yang cantik dengan kasanah adat dan budayanya.

Saat ini, akses antar destinasi wisata di Sumbar belum terhubung dengan baik. Hal itu karena jalan yang sempit, sementara pertumbuhan kendaraan sangat tinggi. Misalnya, mereka yang ingin berwisata ke Bukittinggi dari Padang pada saat-saat tertentu akan terjebak macet. Hal itu sangat tidak nyaman bagi wisatawan.

Dengan tol pariwisata, wisatan bisa mengakses berbagai destinasi wisata dengan mudah dan nyaman. "Kita harus membangun jalan-jalan kita. Dengan begitu, Sumbar bisa bersaing dengan daerah lain sebagai daerah yang maju," tambah Riza Falepi. (Rizal)