Selama 2019 PLTU Ombilin Salurkan CSR Rp1,2 Miliar

iklan halaman depan



Selama 2019 PLTU Ombilin Salurkan CSR Rp1,2 Miliar

Sabtu, 11 Januari 2020
Sidak Komisi IV DPRD Sumbar ke PLTU Ombilin Sijantang Koto.

SAWAHLUNTO - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat lakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa tempat. Salah satunya ke PLTU Ombilin Desa Sijantang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sabtu (11/1/2020).

Sidak itu dalam rangka menindaklanjuti laporan masyarakat tentang abu dari PLTU. Komisi IV DPRD Sumbar yang dihadiri oleh Desrio Putra, Rico Alviano, Mario Syah Johan, Taufik Syahrial mendatangi lokasi untuk meninjau langsung penumpukan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) abu dari limbah PLTU tersebut.


Humas PLTU Ombilin Ahmadi saat memberikan paparan kepada anggota Komisi IV DPRD Sumbar Mario Syah Johan.

Rico Alviano mengatakan, dari data yang diterima dari PLTU ada sebanyak 400 ribu metrik ton abu limbah B3 yang mana sekarang sudah terangkut sekitar 190 ribu ton. Jadi space TPS tersebut sudah berkurang dan sudah ada tempat penumpukan baru lagi karena memang sudah terangkut.

"Kemudian tadi saya sudah menyampaikan kepada manajer PLTU memperhatikan dan memberikan kompensasi kepada masyarakat. Seperti pemberian nutrisi untuk dapat menambah daya tahan tubuh mereka sekitar," imbuhnya.


Sidak Komisi IV DPRD Sumbar.

Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Desrio Putra menambahkan, sebenarnya mereka datang untuk melakukan pengecekan langsung supaya nanti semua laporan masyarakat itu akan ditindaklanjuti dari pihak PLTU. 


Kunjungan yang dilakukan sudah ada upaya yang dilakukan PLTU untuk segera melakukan pengangkutan terhadap abu bekas pembakaran batubara PLTU.

"Mudah-mudahan saja kalau cuaca bagus, sebenarnya ini akan tetap diburu terus. Harapannya, kita kepada pihak PLTU supaya lebih serius untuk menangani persoalan limbah sisa pembakaran ini. Supaya nanti masyarakat dan lingkungan bisa terpelihara. Nah ini harapan kita", tuturnya.


Foto bersama Komisi IV DPRD Sumbar dengan jajaran pelaksana PLTU Ombilin.

Lebih lanjut ia menjelaskan, supaya kelangsungan produksi PLTU tidak terganggu, karena kalau nanti sudah over penumpukan di TPS itu, tentu akan ada dampaknya. "Nah ini, kami sudah dapat jawaban langsung dari manajer UPK, beliau sudah memaparkan tadi sistem pengangkutan dan juga untuk kesinambungan kedepannya", terangnya.


Anggota Komisi IV DPRD Sumbar Mario Syah Johan juga menambahkan, ada tiga perusahaan yang dilaporkan oleh masyarakat dan di-blow up apa yang diinginkan masyarakat serta meninjau langsung kelapangan. Kondisi di lapangan nanti akan kita rapatkan lagi dan akan berkelanjutan nantinya.

"Akan ada tindak lanjut hasil dari peninjauan kita di lapangan ini, perusahaan yang kita sebutkan tadi, Pertama ada Semen Padang, yang kedua PLTU Ombilin dan yang ketiga adalah PT Sumber Energi yang ada di Muaro Labuah di Solok Selatan juga akan kita fokuskan disana nantinya", pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut Daryanto selaku Manager PLTU Ombilin Unit Pelaksana Pembangkitan mengucapkan terimakasih atas survey dari Komisi IV DPRD Sumbar terkait dengan isu pengelolaan abu di PLTU Ombilin. 


Saat Sidak.

"Jadi, dari arahan-arahan Komisi IV, yang beberapa sudah kami laksanakan, khususnya menyangkut kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Dimana pada 2019 kami telah menyalurkan CSR dan YBM tiga kali lipat dari tahun sebelumnya atau sekitar Rp1,2 miliar untuk lingkungan sekitar. Begitu juga melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat sekitar," jelasnya.

Dilanjutkan medical check up untuk warga masyarakat yang berada di range 1 sekitar lingkungan PLTU. Selain itu PLTU juga telah rutin setiap minggu memberikan nutrisi berupa susu dan telur kepada siswa SD yang terdekat dengan lokasi PLTU antara lain SD IT dan SD N 19 Sijantang. Melalui program CSR dan YBM ini PLTU Ombilin berharap dapat lebih meningkatkan hubungan yang harmonis dengan masyarakat di lingkungan sekitar.

Selanjutnya Daryanto berharap dengan kedatangan Komisi IV ini dapat membantu percepatan untuk pengelolaan abu yang lebih baik lagi untuk PLTU Sijantang. 

"Ada beberapa item yang kami catat tadi terkait untuk tindak lanjut abu termasuk juga ke masyarakat sekeliling PLTU, kami akan continue melaksanakannya dengan baik", ucapnya.(ton/adv)


Manager PLTU Ombilin Daryanto, Ketua Komisi IV DPRD Sumbar Desrio Putra, Rico Alviano, Mario Syah Johan ketika diwawancarai fajarsumbar.com.