Tiga Ribu Personel Disiagakan Antisipasi Bencana di Pasaman

iklan halaman depan



Tiga Ribu Personel Disiagakan Antisipasi Bencana di Pasaman

Selasa, 14 Januari 2020
Apel besar

Pasaman, Fajarsumbar.com – Sebanyak 3 ribu personel yang terdiri dari beberapa unsur disiagakan. Untuk mengantisipasi terjadinya berbagai bencana di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Persiapan tersebut di awali dengan pelaksanaan Apel Besar yang di ikuti oleh satuan Polres Pasaman, Kodim 0305 Pasaman, BPBD Pasaman, Satpo PP, Dinas Pangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Perhubungan, kegiatan tersebut di adakan di halaman kantor Bupati Pasaman, Senin (13/1/2020).

Turut hadir Pada Pelaksanaan Apel kesiagaan Bencana tersebut, Kajari Pasaman yang di wakili oleh Ikhwan , Ketua Pengadilan Negeri Pasaman, Ketua Pengadilan Agama kabupaten Pasaman, Dandim 0305 Pasaman, Waka Polres Pasaman, AKP Ahmad Yani . SH, dan Kepala OPD terkait.

Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama dalam sambutanya menyebutkan, bahwa dalam kegiatan Apel siaga bencana tersebut, Wakil  Bupati sekaligus Forkopimda dan Pemerintah kabupaten Pasaman sangat bangga dan memberikan Apresiasi terhadap satuan Polri dan TNI dan ASN yang tetap bersinergi untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Sementara kapolres Pasaman yang di Wakili Waka polres AKP Ahmad Yani selaku ketua Tim Siaga Bencana kabupaten Pasaman mengatakan, sehubungan dengan banyaknya terjadi Bencana yang penyebabnya adalah salah satunya   kondisi cuaca yang ekstrem di kabupaten Pasaman, untuk itu sangat di perlukan Persiapan yang matang  untuk selalu siaga dan sekaligus memberikan pertolongan secepat mungkin terhadap daerah yang terkena bencana, untuk itu perlu  mempersiapkan Personil dan Peralatan yang di perlukan, tambahnya.

Selanjutnya Ahmad Yani mengatakan, dengan di adakanya Apel besar ini untuk memastikan kesiapan Personil maupun peralatan yang di butuhkan, sementara untuk kegiatan upacara tersebut  melibatkan dua pertiga dari personil yang ada, dan dalam hal ini ada delapan (8) Instansi yang terlibat dalam tim siaga bencana tersebut. Ia berharap dan berdoa  kiranya bencana jangan terjadi lagi di Pasaman.

Sementara itu kepala BPBD Pasaman Ricky Riswandi dalam kesempatan yang sama mengatakan, sesuai dengan Informasi dari dinas Metereologi dan Geofisika bahwa cuaca ekstrem khusus untuk kabupaten Pasaman akan terjadi pada awal bulan Januari ini dan berakhir pada akhir bulan Februari ini, untuk itu katanya perlu persiapan yang matang untuk menghadapi seandainya terjadi bencana di daerah ini.(Afrinaldi)