6 Jorong Kenagarian Pangkalan Terendam Banjir, Mobil dan Motor Ikut Tenggelam

iklan halaman depan

6 Jorong Kenagarian Pangkalan Terendam Banjir, Mobil dan Motor Ikut Tenggelam

Rabu, 12 Februari 2020
Seorang warga berjalan yang rumah direndam banjir akibat hujan deras yang tidak henti-hentinya di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Limapuluh Kota.

Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Limapuluh Kota berapa hari terakhir, mengakibatkan berapa aliran sungai meluap di Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Akibatnya, berapa unit rumah terendam banjir. 

Kepala pelaksana BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir didampingi Kabid Kedaruratan dan logistik, Rahmadinol menyebutkan sedikitnya 6 Jorong di Kenagarian Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru terendam banjir.

“Ketinggian banjir mencapai 30-150 cm, hal ini disebabkan meluapnya sungai Batang Maek, Sungai Batang Kasok dan Sungai Batang Samo,” ujar Joni Amir saat dihubungi, Rabu (12/2).

Dikatakannya, debit air mulai naik merendam rumah warga sekira pukul 04.30 Wib dini hari. Adapun, berapa jorong yang terendam, yakni, Jorong Pauh Anok, Banjaranah, Tigo Balai,  Pasar Usang,  Lakuak Godang dan Jorong Subarang Koto Panjang.

“Saat ini, TRC BPBD Kab. 50 Kota berkoordinasi dengan TNI – Polri, PLN telah turun ke lokasi dan melakukan pendataan. Sementara korban jiwa nihil,”sebutnya.

Sementara, Kepala Jorong Banjar Ronah ketika dikonfirmasi menginformasikan peristiwa banjir ini merendam rumah penduduk dan satu unit SD N 03 Pangkalan di Jorongnya. Selain itu, 1 unit mobil milik Eka Kurnia dan beberapa motor juga ikut tenggelam.

“Saat ini, sekira pukul 08.30, kondisi air sudah mulai surut. Pihak BPBD juga sudah menyiapkan tenda darurat,” tutupnya. (rio)