Bapppeda Sijunjung Konsultasi Publik Penyusunan RKPD, Ini Target ke Depan

iklan halaman depan

Bapppeda Sijunjung Konsultasi Publik Penyusunan RKPD, Ini Target ke Depan

Rabu, 12 Februari 2020
Benny Dwifa Yuswir kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung saat memberikan kata sambutan

Sijunjung, fajarsumbar.com Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Sijunjung lakukan konsultasi Publik penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 di ruangan Balairung Lansek Masih Kantor Bupati Kabupaten Sijunjung, Rabu (12/2/2020).

Acara tersebut dihadiri Bupati Yuswir Arifin sekaligus membuka kegiatan tersebut. Juga terlihat hadir Wakil Bupati Arrival Boy, Kepala Bapppeda, Benny Dwifa Yuswir, kepala OPD , camat se-Kabupaten Sijunjung, para walinagari, tokoh masyarakat dan lainnya.

Acara dengan Tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia Yang Kualitas, Untuk Pengembangan Potensi Daerah Yang Berwawasan Lingkungan, Didukung, Infras truktur dan Tata kelola Pemerintahan Yang Baik” itu menghadirkan peserta 150 orang.

Bupati Yusril Arifin saat membuka kegiatan itu menyebutkan, prioritas pembangunan tahun 2021 dengan program prioritas. Di antaranya ekonomi yang berdaya saing tinggi, pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang didukung infrastruktur, transportasi, industri, perdagangan, dan perhotelan serta inforkom dan sektor lainnya. 

Membangun ketahanan pangan, peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Di sisi pembangunan, pemeliharaan infrastruktur peningkatan kinerja dan pelayanan daerah. 

Pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan peningkatan kualitas kehidupan beragama, adat, dan sosial budaya 

Menurutnya, Pemkab Sijunjung juga memprogramkan untuk mewujudkan perekonomian masyarakat yang kuat, berdaya saing tinggi dan sejahtera. Mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, kuat, cerdas dan berakhlak mulia. 

Sementara itu, Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung Benny Dwifa Yuswir saat memberikan kata sambutan menyebutkan, program tersebut tindak lanjut dari visi dan misi RPJMD kepala daerah sesuai dengan Perda No 1 tahun 2018 dengan visi terwujudnya nagari madani yang maju jaya adil dan sejahtera.

Mewujudkan infrastruktur yang berkualitas dan merata, mewujudkan pemerintahan yang bekerja dan melayani, mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan serta melakukan revitalisasi adat dan budaya berlandaskan adat basandi syara', syara' basandi kitabullah (ABS-SBK)

Sedangkan yang akan menjadi sasaran pembangunan untuk tahun 2021. Di antaranya peningkatan kualitas air bersih dan sanitasi, penambahan beasiswa, SD, SMP dan perguruan tinggi. Pemerataan penempatan tenaga pendidik, kesehatan dan penyuluh, penguatan sistem layanan rujukan terpadu. 

Sedangkan dalam pengembangan potensi ekonomi daerah, seperti  pengembangan dan peningkatan industri ekonomi kreatif yang berbasis potensi daerah. 

Peningkatan tata kelola sentra industri, peningkatan investasi daerah dan tata kelola dan pemasaran karet, sedangkan untuk Infrastruktur peningkatan kualitas infrastruktur daerah. 

Ditambahkan, penangganan lahan kritis dan lahan marjinal, peningkatan jaringan irigasi peningkatan sarana dan prasarana Geopark Silokek Ranah Minang dan pembebasan tanah untuk kepentingan umum. 

"Pada tata kelola pemerintahan yang baik diprgramkan penguatan e-governance peningakatan kualitas sumber daya aparatur dan yang lainnya," ujar Yusril Arifin. (def)