Bawaslu Padang Panjang Buka Pendaftaran Calon Panwaslu Kelurahan / Desa

iklan halaman depan

Bawaslu Padang Panjang Buka Pendaftaran Calon Panwaslu Kelurahan / Desa

Minggu, 09 Februari 2020
Ketua Bawaslu Kota Padang Panjang Santina.SP

Padang Panjang, fajarsumbar.com-Setelah pembentukan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di 2 Kecamatan yang ada di Kota Padang Panjang, kini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang bersiap untuk rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan / Desa.

Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina menjelaskan, seperti halnya rekrutmen Panwaslu Kecamatan, tujuan dari rekrutmen Panwaslu Kelurahan / Desa adalah dalam rangka pengawasan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 2020 yang bakal digelar September 2020 mendatang.

“Bedanya, Panwaslu Kecamatan proses rekrutmennya langsung oleh Bawaslu Kota sementara Panwaslu Kelurahan / Desa direkrut melalui Panwaslu Kecamatan," ungkap Santina ketika dihubungi fajarsumbar.com, Minggu (9/2)

Santina mengatakan pendaftarannya akan dimulai pada 16-22 Februari 2020. Syarat untuk menjadi calon panwaslu Kelurahan / Desa, diantaranya berusia paling rendah 25 tahun, pendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas / sederajat, berdomisili di kecamatan setempat yang dibuktikan dengan e-KTP.

Tidak pernah dipidana penjara yang telah berkekuatan hukum tetap berdasarkan putusan pengadilan  karena melakukan tindak pidana dengan ancaman penjara 5 tahun atau lebih.

" Selengkapnya tentang semua persyaratan calon Panwaslu Kelurahan / Desa bisa menghubungi sekretariat Panwaslu kecamatan masing-masing," ujar Santina .

Dikatakan Santina, pendaftaran dilakukan dengan cara peserta mengirim surat lamaran dan pendaftaran langsung ke sekretariat panwaslu kecamatan masing-masing.

Adapun berkas pendaftaran kata Santina terdiri surat Lamaran yang ditujukan kepada Panwaslu Kecamatan, daftar riwayat hidup, Fotokopi e-KTP yang masih berlaku,pas foto warna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

Kemudian, fotokopi ijazah yang disahkan pejabat berwenang
,surat keterangan sehat jasmani dari Rumah Sakit pemerintah / Puskesmas, surat izin dari atasan langsung bagi yang memiliki profesi lain.

“Bagi yang berminat siapkan segala persyaratannya. Dan pantau terus tahapannya karena akan mulai diumumkan besok,hari Senin tanggal 10 Februari 2020”, pungkas Santina