Bupati Yulianto Tanda Tangani Kerjasama Dibidang Kemetrologian Dengan Kota Pariaman

iklan halaman depan

Bupati Yulianto Tanda Tangani Kerjasama Dibidang Kemetrologian Dengan Kota Pariaman

Rabu, 12 Februari 2020
Bupati Pasaman Barat H. Yulianto tandatangani kerjasama dengan Walikota Pariaman Genius Umar. (Ist)

PASBAR, fajarsumbar.com - Kota Pariaman sudah diakui secara nasional terkait Kemetrologiannya, sehingga Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) perlu belajar ke wilayah tersebut. Konsep tersebut, dituangkan dalam kerjasama dua  Pemerintahan tersebut.

Walikota Pariaman Genius Umar dan Bupati Pasbar tandatangan kerjasama, yang disaksikan oleh kepala OPD kedua belah pihak serta pelaku UMKM, di aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Rabu (12/2).

Menurut Bupati Pasbar Yulianto, Kota Pariaman sudah diakui secara nasional dalam tera ulang atau metrologi. Pasbar telah melakukan upaya-upaya seperti membentuk UPTD metrologi legal, menyiapkan tenaga ahli di bidang metrologi, melengkapi peralatan untuk tera, tera ulang, dan pengawasan.

Pada saat ini pemerintah daerah Pasbar telah mengajukan surat keterangan kemampuan pelayanan tera dan tera ulang alat ukur, takar timbang dan perlengkapan ke dirjen Kemetrologian.

Namun disisi lain untuk mengisi, kekosongan pelayanan dalam bidang Kemetrologian, sebagai diamanatkan peraturan menteri perdagangan nomor 115 tahun 2018, tentang unit metrologi legal dalam pemerintahan daerah belum mampu melakukannya secara mandiri dapat melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten kota lainnya," papar Yulianto.

Potensi yang harus ditera ulang berdasarkan data yang ada sebanyak 101.508 timbangan yang terdiri dari timbangan di pasar 5.800 buah, SPBU 9 buah, PT 19 buah, peron 50 buah, dan lain lainnya 95.630 buah.

"Dalam kerjasama ini, kami juga mengharapkan kiranya, personil atau tenaga ahli yang kami miliki dapat dilibatkan, sehingga terjadi  transfer ilmu pengetahuan di bidang Kemetrologian," harap Yulianto.

Sementara itu, Walikota Genius Umar menyampaikan, kerjasama ini berdasarkan kepada kesadaran untuk membangun daerah secara bersama. "Ini tidak hanya membangun Pasbar saja, tapi membangun Kota Pariaman juga," jelasnya.

Ia menerangkan, kerjasama tersebut saat ini memang baru dalam bidang kemetrologian. Namun, kedepan akan dilakukan kerjasama di berbagai bidang.

"Infrastruktur, UMKM untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, bidang pariwisata yang bertujuan untuk maju bersama. Maju Pasbar, maju Kota Pariaman," tutur Genius Umar.

(Safnil)