Bupati Yuswir Arifin Terima Penghargaan dari Menpan

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan



Bupati Yuswir Arifin Terima Penghargaan dari Menpan

Selasa, 11 Februari 2020
H. Yuswir Arifin 
Sijunjung, fajarsumbar.com - Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menpan RB, Tjahjo Kumolo, di Radisson Golf dan Convertion Center Batam Bukit Indah Sukajadi Residential Area, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/2), adalah atas prestasi pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2019.

Ketika menyerahkan penghargaan itu, Menpan RB, Tjahjo Kumolo didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit. 

Sedangkan Bupati Sijunjung  Yuswir Arifin didampingi sekretaris daerah kabupaten (Sekdakab); Zefnihan, AP, M. Si, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPPEDA); Benny D. Yuswir, SSTP, M. Si, Inspektur Daerah; Welfiadril, AP, S. Sos, M. Pd dan kepala bagian (Kabag) Organisasi; Wandri Fahrizal, SH.
“Bapak bupati menerima penghargaan dari Menpan RB, adalah atas prestasi pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2019,” kata Kabag Organisasi, Wandri Fahrizal, menjawab Singgalang, Rabu (12/2), di ruang kerjanya.


Kabag Organisasi Wandri Fahrizal, SH
Pemerintah Kabupaten Sijunjung dinilai berprestasi dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2019, setelah pejabat Kementeri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia melakukan evalusi terhadap kinerja dimaksud, ulas Wandri Fahrizal.



Lebih rinci Kabag Organisasi menjelaskan, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah dan peraturan Presiden nomor 29 tahun 2014 tentang sistem akuntabilitas kinerja pemerintah, pejabat Kemenpan RB melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja pada pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Pelaksanaan evaluasi berpedoman pada peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi nomor 12 tahun 2015 tentang pedoman evaluasi atas implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Tujuan evaluasi adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government) serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

Hasil evaluasi menunjukan bahwa pemerintah Kabupaten Sijunjung memperoleh nilai 60,58 atau prediket B. Penilaian ini menunjukan bahwa tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil, di pemerintah Kabupaten Sijunjung sudah menunjukan hasil yang baik. Meski begitu, masih terdapat beberapa hal yang memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Komponen yang dinilai, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja, urai Kabag Organisasi, Wandri Fahrizal. (*)