Butuh Ambulan Gratis, Hubungi saja Yakesma di 082295475085

iklan halaman depan

Butuh Ambulan Gratis, Hubungi saja Yakesma di 082295475085

Selasa, 11 Februari 2020
Peluncuran ambulan gratis Yakesma Sumbar. ist



Padang, Fajarsumbar.com-Sumatera Barat dengan letak geografis berada pada jajaran Bukit Barisan sangat rentan dengan bencana alam, seperti gempa, tsunami, banjir, dan longsor. Begitu besarnya ancaman yang bisa datang sewaktu waktu, maka perlu kesiapan semua pihak dengan penyediaaan sarana pendukung penanggulangan bencana. Salah satunya adalah armada ambulan.
Untuk membantu masyarakat, Yakesma Sumatera Barat pada hari Minggu tanggal 9 Februari 2020 meluncurkan Program Layanan Ambulan Gratis. Mobil ambulan yang merupakan bantuan dari Dana Kebajikan Ummat Pegadaian Syariah selain digunakan untuk kebutuhan penanggulangan bencana juga untuk melayani masyarakat yang membutuhkan berupa layanan antar jemput jenazah dan pasien.   

Kepala Divisi Pemberdayaan Yakesma Sumbar, Fauzan Utama Putra menyebutkan, program ambulan gratis ini makin meningkatkan pelayanan Yakesma untuk masyarakat yang membutuhkan. "Masyarakat bisa memanfaatkan layanan ambulan gratis ini," ujar Fauzan.

Setiap anggota masyarakat bisa memanfaatkan layanan ambulan gratis dari Yakesma. Bagi masyarakat yang membutuhkan ambulan gratis, Fauzan mempersilahkan untuk menghubungi nomor 082295475085.

Program ambulan gratis dari Yakesma ini disambut baik oleh Walikota Padang. Walikota Padang yang diwakili oleh Asisten I, Edi Hasmi menyebutkan program ini turut membantu Pemko Padang. "Kita dari Pemerintah Kota Padang mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang dilakukan Yakesma Sumbar ini. Secara tidak langsung Yakesma telah membantu Pemko Padang menjaga kesehatan masyarakat," kata Edi Hasmi dalam sambutannya.

Edi Hasmi juga menyampaikan terima kasih kepada Pegadaian Syariah yang terus mendukung program Yakesma dan program kemanusiaan di Kota Padang. Pada kesempatan itu, hadir dari pihak Pegadaian Syariah yang diwakili Ibu Nelfa Nurmawi. Ada juga wakil dari dan Kemenag Sumbar. Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Kecamatan Kuranji, Lurah Sungai Sapih, Lembaga zakat, serta tokoh masyarakat setempat.

Selain peluncuran ambulan, Yakesma juga mengadakan layanan kesehatan yang dititik beratkan kepada penyuluhan dan deteksi dini penyakit kanker serviks. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Al Ihklas Lolong Karan, Sungai Sapih, Padang.

Terkait kegiatan layanan kesehatan ini, Kepala Cabang Yakesma Sumatera Barat, Syafri menyampaikan bahwa penderita kanker di Sumatera Barat cukup tinggi. Seperti dilansir oleh Dinas Kesehatan Sumbar beberapa waktu lalu, periode Januari sampai September 2019 terdapat 2.350 kasus. Kanker serviks dan payudara kasus paling banyak ditemukan. Oleh karena itu, upaya pencegahan dengan melakukan penyuluhan dan pemeriksaan secara rutin adalah suatu tindakan efektif.

Di samping pemeriksaan kanker, juga dilakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat dengan mendatangkan petugas medis dari Puskesmas Belimbing dan tenaga Profesi Kesehatan Muslim Indonesia (Prokami ) Sumbar. Masyarakat tampak antusias mengikuti acara tersebut. Hampir 100 warga ikut memeriksakan kesehatannya. (Rizal)