Danau Hijau Kandih Dilaunching Sebelum Lebaran Idul Fitri 2020

iklan halaman depan

Danau Hijau Kandih Dilaunching Sebelum Lebaran Idul Fitri 2020

Senin, 24 Februari 2020
Jaswandi saat berada di lokasi Kawasan Wisata Kandih.

Sawahlunto, fajarsumbar.com - Menggagas konsep daerah Kandih menjadi daerah wisata di Kota Sawahlunto, seiring berjalannya waktu konsep tersebut terus berlanjut yang didanai oleh investor lokal Jaswandi seorang tokoh masyarakat Desa Salak, Kecamatan Talawi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD kota Sawahlunto dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ia menyampaikan saat disambangi fajarsumbar.com, Minggu (23/2/2020) di lokasi bahwa pengerjaan fisik sudah mencapai 70 hingga 80 persen, ia merencanakan kawasan tersebut menjadi tempat wisata kuliner.

"Nantinya kita membutuhkan 300 tenaga kerja (prioritas warga Sawahlunto) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) agar sinkron dengan program pemerintah Kota Sawahlunto. Selain itu, fasilitas akan dilengkapi dengan kolam renang dan lampu taman", ungkapnya di lokasi.

Untuk hiburan rakyat, pihaknya juga akan menyajikan musik tradisional pada Sabtu dan Minggu yang menggaet musisi lokal di Sawahlunto. "Hiburan randai serta kesenian tradisional lainnya", sambungnya.

Sedangkan untuk perikanan, ia menjelaskan akan membentuk kelompok tani untuk perikanan di sekitar Danau Kandih untuk meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat setempat.

"Kita sudah periksa PH air melalui pihak terkait di provinsi dan dinyatakan layak pakai serta tidak ada persoalan. Harapannya, kedepan kawasan ini menjadi pusat wisata di Kota Sawahlunto sekaligus mendukung program pemerintah", harapnya.

Sementara itu Walikota Sawahlunto Deri Asta menyatakan melalui akun resmi Facebooknya, Senin (24/2/2020). Sebentar lagi, Sawahlunto akan kembali memiliki destinasi wisata baru. Saat ini pengembangan destinasi tersebut oleh investor lokal, yakni pak Jaswandi sedang berlangsung.

"Destinasi baru ini berlokasi di areal danau Kandih. Nanti kata pak Jaswandi, destinasi ini akan dinamai 'Danau Hijau Kandih'," ditulisnya di Facebook.

Kemaren (Minggu 24 Februari 2020), saya memenuhi undangan pak Jaswandi untuk berkunjung ke sana. Sembari melihat perkembangan pengerjaan 'Danau Hijau Kandih' ini, kami dijamu makan durian.

'Destinasi ini ternyata indah dan bagus  sekali. Banyak wahana - wahana menarik yang sedang disiapkan untuk para pengunjung nanti", akunya di akun resmi miliknya.

Dijelaskannya, Kita dukung dan doakan, pengerjaan destinasi ini segera rampung. Sehingga 'Danau Hijau Kandih' segera bisa dibuka dan dinikmati para wisatawan.

"Besar harapan kita, destinasi baru ini memberikan penyegaran wisata Sawahlunto sehingga berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan. Semoga saja, Salam Sawahlunto lebih baik", harapnya. (ton)