H. Refrizal Dukung Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal

iklan halaman depan

H. Refrizal Dukung Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal

Selasa, 11 Februari 2020
H. Refrizal. ist


Padang Pariaman, Fajarsumbar.com-Kreativitas menjadi jantung hidup masyarakat Padang Pariaman. Banyak ide-ide luar biasa masyarakat yang menjadi tumpu pemberdayaan ekonomi mereka. H. Refrizal mendukung ide-ide kreatif masyarakat dalam memberdayakan perekonomian dengan tetap mengacu kepada kearifan lokal setempat.

Hal itu diungkapkan H. Refrizal dalam bincang-bincang dengan Fajarsumbar.com, Selasa (11/2). Menurut H. Refrizal, masyarakat Padang Pariaman terkenal sangat kreatif dan membuat banyak usaha yang berbasis kepada kearifan lokal.

Jiwa kreatif sendiri mengalir pada diri H. Refrizal. Selain sebagai politisi senior, H. Refrizal juga dikenal sebagai pengusaha. Keluarga besarnya pun, terutama yang berada di kampung halaman juga menggeluti dunia usaha.

Kreativitas masyarakat Padang Pariaman sangat mumpuni. Hal itu menciptakan kampung-kampung dan nagari-nagari yang mempunyai kekhasan produk sendiri. Misalnya, Kurai Taji terkenal dengan lontong gulai tunjangnya. Usaha lontong gulai tunjang menjadi ikon daerah yang dapat menarik wisatawan. Ada pula nagari yang terkenal dengan tenunannya, usaha rumah makan, dan lainnya.

Kreativitas masyarakat ini menurut H. Refrizal mesti didukung dan ditumbuhkan. "Kita mesti mendukung kreativitas anak nagari, ide-ide mereka dalam menumbuhkan perekonomian berbasis potensi dan kearifan lokal sendiri," ujar H. Refrizal.

Peran pemerintah daerah dalam hal ini menurut H. Refrizal bisa diwujudakan dengan memfasilitasi, membantu permodalan, pemasaran, pemberdayaan dan berbagai macam lainnya. Intinya, H. Refrizal menekankan agar perekonomian masyarakat itu tumbuh di atas kaki sendiri.

Visi dan misi H. Refrizal tentang pemberdayaan ekonomi sudah tertuang dalam tagar #papajuara. Untuk menjadikan Padang Pariaman juara sejahtera adalah dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal. "Bersama kita bisa mewujudkan Padang Pariaman juara sejahtera," ujar H. Refrizal. (ARR)