Nikmatnya Durian Kubang, Mari Datang ke Kota Sawahlunto!

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan



Nikmatnya Durian Kubang, Mari Datang ke Kota Sawahlunto!

Jumat, 07 Februari 2020
Durian kubang.

Sawahlunto, fajarsumbar.com - Jika anda berkunjung ke Kota Sawahlunto dalam waktu dekat ini, jangan lupa bawa Durian Kubang sebagai buah tangan.  

Durian Kubang cukup terkenal, selain karena rasa buahnya juga karena kawasan Kubang merupakan sentra penghasil durian terbesar di Sawahlunto.

Durian Kubang dengan daging buah yang khas berwarna kuning bertekstur lembut dengan rasa manis dan legit telah  menjadi buah tangan yang laris manis bagi pengunjung Sawahlunto. 

Di musimnya, buah dengan kulit keras berduri ini sangat mudah dijumpai di sepanjang jalan Muaro Kalaban-Sawahlunto, juga di beberapa titik seperti simpang Sumpahan dan simpang Sapan. Bicara harga juga relatif lebih terjangkau, bila dibandingkan dengan membeli di daerah lain.

Yenti seorang pedagang mengatakan, selain dijual sendiri oleh petani di tepi jalan lintas atau dipasar-pasar, ternyata Durian Kubang juga menjadi produk ekspor favorit para toke. Menurutnya, jika musim durian tiba, ada beberapa toke atau pedagang yang langsung bertandang ke ladang-ladang petani untuk membeli durian hasil panen. 

"Durian tersebut biasanya akan dijual ke daerah lain, baik di sekitar Sumbar hingga ke provinsi tetangga seperti Jambi dan Palembang bahkan sampai ke pulau Jawa," akunya kepada fajarsumbar.com, Jumat (7/2/2020).

Karena melimpahnya panen durian di musim ini, masyarakat Kubang sengaja menggelar silaturrahmi  bersama Pemko Sawahlunto dengan menyajikan Durian sebagai sajian utamanya beberapa waktu lalu. (ton)