Pancasila adalah Konsensus Bersama Bangsa Indonesia

iklan halaman depan

Pancasila adalah Konsensus Bersama Bangsa Indonesia

Rabu, 12 Februari 2020
Anggota DPD-RI, Muslim M. Yatim saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Lubuk Sikaping. ist


Lubuk Sikaping, Fajarsumbar.com-Perbedaan pandang tanpa didasari oleh pemahaman yang baik bisa menjadi masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Masyarakat mesti bijak dalam menghadapi perbedaan.

Sejatinya, para pendiri bangsa telah menyiapkan antisipasi dalam menghadapi perbedaan. Hal itu dengan dirumuskannya Pancasila. Dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, anggota DPD-RI, Muslim M. Yatim menegaskan bahwa Pancasila sebagai salah satu pilar bangsa berangkat dari konsensus bersama tokoh pendiri bangsa. Konsensus itu mencermikan semangat dan jati diri bangsa Indonesia yang beragam, dengan ribuan pulau, suku, dan bahasa.

Anggota DPD-RI, Muslim M. Yatim melaksanakan kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Minggu (9/2) di Aula Kogsda Lubuk Sikaping, Pasaman. Kegiatan ini merupakan agenda rutin sebagai anggota MPR-RI.

Pancasila menurut Muslim M. Yatim merupakan konsensus bersama. Pancasila disusun oleh tokoh bangsa dengan latar berbeda, termasuk di dalamnya tokoh agama. "Pancasila adalah konsensus bersama. Selain sebagai jati diri bangsa, Pancasila juga sebagai perekat bangsa," ujar Muslim M. Yatim.

Sila-sila Pancasila diambil dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Misalnya, sila pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila pertama ini diangkat dari nilai-nilai keberagamaan bangsa Indonesia.

Sila-sila Pancasila lainnya berisi nilai-nilai luhur yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia. Misalnya, sila kelima yang berbunyi Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Artinya, setiap rakyat Indonesia berhak meraih kesejahteraan hidup, tak ada diskriminasi dan lain sebagainya.

Muslim M. Yatim berharap dengan pemahaman terhadap Empat Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika membuat kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik. "Dengan begitu, kita bisa melesat menjadi bangsa yang maju dan disegani di dunia internasional," ujar Muslim.

Kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dihadiri oleh ratusan peserta. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Selain anggota DPD-RI, Muslim M. Yatim menyampaikan paparannya, ada juga anggota DPRD Sumbar, Rafdinal dan Rahmat Saleh. Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini merupakan agenda MPR-RI. (Rizal)