PT Supreme Energy Muaralaboh Tanam Ribuan Bibit Aren

iklan halaman depan

PT Supreme Energy Muaralaboh Tanam Ribuan Bibit Aren

Rabu, 12 Februari 2020
Ribuan bobit aren dan mahoni ditanam.

Selatan, fajarsumbar.com - Ribuan bibit aren dan mahoni kembali ditanam oleh PT Supreme Energy Muaralaboh bekerja sama dengan pasukan orange BPBD Solok Selatan, Rabu (12/2).

Kegiatan ini berlangsung di areal PT Supreme Energy tepi sungai batang Bangko Janiah langsung dibuka oleh Bupati Solok Selatan yang diwakili Ass II Putra Nusa.

Acara ini mengambil tema "Kegiatan Penghijauan Bantaran Sungai Bangko Putih "Greend Belt of Bangko Putih River"

Hadir juga petinggi Supreme Energy Kepala Teknis Panas Bumi (KTPB) Yoza Jamal,kepala SCM Wahyu,Bujang Joan Dt Panyalai Humas Relesion,M.Roza,Kabid penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Solok Selatan Rusdi Hermen,Kapolres,Danramil,Wali Nagari,jorong setempat.

Kepala Kabid Penanggulangan dan kesiapsiagaan BPBD Solok Selatan Rusdi Hermen dalam laporanya mengatakan, kegiatan ini berkolaborasi antata BPBD Solok Selatan dengan PT Supreme Energy dalam rangka menghijauhkan kembali hutan pinggiran sungai Bngko Putih (Janiah).

Menindak lanjuti isu ancaman  terhadap masyarakat khusus di daerah aliran sungai bisa lebih aman dari musibah bencana banjir.

Peserta Destana yang kita bina ada dua nagari Pulakek dan Nagari Kapau Alam Pauh Duo dibantu oleh beberapa Destana Nagari Pasir Talang Selatan Pekonina Alam Pauh Duo, dengan jumlah peserta sebanyak 120 orang.

Kepala Teknik Panas Bumi (KTPB) Supreme Energy Yoza Jamal dalam sambutanya mengatakan. Kegiatan yang dilakukan bisa bermanfaat bagi masa depan kelestarian alam dan anak cucu nantinya, kegiatan ini merupakan warisan semua.

Salah satu program perusahaan dalam menjaga lingkungan,dengan menanam kembali bibit pohon dibantatan sungai.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan sosial menyangkut keselamatan kita terhadap kondisi alam, pohon yang hijau oksigennya sehat, kira semua jadi sehat.

"Tanggap bencana itu lebih baik, dari pada menanggapi bencana," katanya.

Sementara itu Ass II Putra Nusa  dalam arahanya mengatakan, rusaknya bumi itu adalah akibat tangan tangan manusia, indahnya alam itu juga ulah tangan manusia juga, jadi mari sama sama menjaga dan melestarikannya.

Kegiatan ini jangan satu kali ini saja diharapkan dapat berkelanjutan, untuk mengembalikan nuansa alam sehingga bisa mempertahankan ekosistim dan mengatasi sebab akibat bencana banjir, galodo dan sebagainya.

Pemda Solok Selatan berterimakasih kepada perusahsan PT Supreme Enegery yang selalu peduli dengan kemaslahatan masyarakat, termaduk mencegah erosi dan sebagainya.

Dengan perlahan, bantuan penanaman bibit dipingir sungai areal batang bangki ini,sedikut bisa menjawab kekawatiran masyarakat terhadap adanya penebangan hutan di ulu sungai bangko, PT Supreme dengan cepat mengantisipadi hal tersebut,dengan menabsm seribu pihon dipinggiran sungai batang bangko putih ini.

Setiap pohon yang ditanam itu harus dijaga dan dirawat sekurang kurang tiga bulan sekali, jangan hanya saat menanam, kemudian dibuatkan saja tanpa perawatan.

Lokasi Pt Supreme ini harus dijadikan sentra buah buahan, lokasi Supreme ini lebih bagus ditanam  beragam bibit buah buahan seperti durian, kayu mahani,manggis dsn sebagainya.

Kalau itu diprioritaskan di Supreme ini banyak manfaatnya,terutama bagi alam dan anak cucu kita nanti. (Hendrivon)