APD Terbatas, Senator Sumbar Desak Presiden Keluarkan Intruksi Gunakan APBD Tangani Virus Korona

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan



APD Terbatas, Senator Sumbar Desak Presiden Keluarkan Intruksi Gunakan APBD Tangani Virus Korona

Jumat, 27 Maret 2020
Muslim M. Yatim. ist


Padang, Fajarsumbar.com-Anggota DPD-RI asal Sumbar, Muslim M. Yatim mendesak Presiden RI untuk mengeluarkan intruksi penggunaan APBD untuk penanganan virus korona. Hal itu karena sarana dan prasarana di daerah sangat terbatas, sementara kebutuhan untuk penanganan covid-19 sangat mendesak.

Muslim M. Yatim kepada Fajarsumbar.com, Jumat (27/3) menyebutkan sarana dan prasarana penanganan virus korona di daerah sangat terbatas. Muslim mengaku sudah mengunjungi sejumlah rumah sakit rujukan di Sumbar. Tenaga medis kekurangan APD atau alat pelindung diri. Belum lagi sarana lainnya, seperti ventilator dan lainnya.

Rumah sakit dan tenaga medis adalah ujung tombak penanganan virus korona. "Masalah ini bisa selesai dengan APBD. Karena itu kita mendesak Presiden RI untuk mengintruksikan ke kepala daerah agar merealisasikan APBD untuk penangangan covid-19," ujar Muslim M. Yatim.

Muslim M. Yatim sendiri sudah menyampaikan pesan kepada Ketua DPD-RI untuk mendesak Presiden agar segera mengeluarkan intruksi.

Dari kunjungan ke rumah sakit dan berdialog dengan tenaga medis, mereka sangat kekurangan APD. Tenaga medis sangat memohon sekali disediakan APD. Bahkan, tenaga medis meminta bantuan kepada anggota DPD. Hal itu menurut Muslim tak bisa maksimal karena anggota DPD tak seperti pemerintah daerah yang mempunyai ketersediaan dana di APBD.

Intruksi Presiden sangat dibutuhkan karena kepala daerah tak punya keberanian untuk menggunakan dana APBD tanpa perencanaan sebelumnya. "Kita mohon Presiden segera mengeluarkan intruksi," ujar Muslim M. Yatim. (arr)