Dinas Kominfo Padang Pariaman Terapkan Bekerja dari Rumah

iklan halaman depan

Dinas Kominfo Padang Pariaman Terapkan Bekerja dari Rumah

Rabu, 25 Maret 2020
Zahirman

Padang Pariaman, fajarsumbar.comDinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Padang Pariaman langsung tancap gas melakukan rapat pimpinan, Selasa (24/03/2020) untuk menyikapi Instruksi Bupati No 2 Tahun 2020 terkait Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, berkaitan mewabahnya virus Covid-19. 

"Sehingga dalam rapat bersama jajaran Pimpinan di Dinas Kominfo itu menghasilkan 12 (dua belas) point pekerjaan yang dilakukan" kata Kadis Kominfo Padang Pariaman Zahirman menjawab pertanyaan fajarsumbar.com, Rabu (25/03/2020) sehubungan adanya Instruksi Bupati No.2 tahun 2020 Tentang WFH.

Ia menjelaskan bahwa Sekretaris dan Kepala Bidang (Kabid) agar melakukan inventarisasi semua tugas yang dilaksanakan sesuai Tupoksi bidang masing-masing. Kemudian, Sekretaris dan Kabid memberikan tugas-tugas yang telah diinventaris tersebut kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada bidangnya untuk dilaksanakan selama work from home.

Ditegas Zahirman, seluruh ASN dilingkungan Kominfo agar dan harus melaporkan tugas yang dilaksanakannya kepada atasan masing-masing  melalui WhatsApp Group (WAG) bidang setiap hari.

Menurut mantan Kabag Humas itu, kesemua ASN wajib memiliki dan mengaktifkan alat komunikasi setiap waktu. Bahkan, jikalau diperlukan harus siap dipanggil untuk menjalankan tugas diluar yang sudah ditentukan.

Menyinggung tentang absensi, sebut Zahirman bahwa masing-masing ASN wajib serlok ke Group WhatsApp Absensi pada Pukul  07.30 WIB dan Pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk tugas pelayanan di Kantor dilakukan piket 1 (satu) orang/bidang/sek setiap hari secara bergiliran, kecuali Bidang TIK 2 (dua) orang/hari.

Ditambahkannya. seluruh ASN harus memiliki aplikasi Zoom Cloud Metting untuk e-metting yang dilakukan setiap hari Minggu.

"Penandatangan surat oleh Kadis menggunakan tanda tangan digital yang dikirim ke WhatsApp Group atau email Kantor, kecuali Surat Pertanggung Jawaban (SPJ). Dan SPJ dapat diantar ke Kantor untuk ditanda tangani" ujar Zahirman yang juga Ketua Bamus Nagai Sungai Sariak itu.

Tak kalah pentingnya, ujar alumni UNRI itu bahwa ASN wajib membuat laporan pekerjaan secara tertulis setiap hari yang disampaikan kepada atasan masing-masing. 

Kemudian lagi, kata Zahirman untuk administrasi persuratan agar dischan oleh piket Sekretariat dan menguploadnya ke GWA Diskominfo. Disamping itu ASN Diskominfo tidak diperkenankan keluar daerah tanpa seizin Kadis dan diharapkan selalu berada di rumah.

"ASN yang terlibat dalam Tim Komunikasi Satgas Covid-19 tetap melaksanakan tugas sesuai Standar Operasional Pelaksanaan (SOP) yang telah ditetapkan.
Sedangkan WFH untuk tahap 1 mulai dilaksanakan Kamis/26-03-2020 s/d Kamis/02-04-2020 atau sesuai dengan Surat Edaran Bupati" ungkap Zahirman yang juga alumni SMAN VII Koto Sungai Sariak itu. (saco).*