Gerbang Saribu Rumah Gadang di Solsel Kumuh

iklan halaman depan

Gerbang Saribu Rumah Gadang di Solsel Kumuh

Minggu, 22 Maret 2020
Gerbang Saribu Rumah Gadang di Jorong Balun KPGD, Solok Selatan, sudah tidak nyaman lagi, lampu penerang lokasi tidak ada yang hidup,sampah berserakan. (Hendrivon)

Solsel, fajarsumbar.com
- Gerbang Saribu Rumah Gadang yang berlokasi di Jalan Balun, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan saat ini tidak nyaman lagi, kondisinya kumuh.


Selain itu lampu hias dan lampu penerangan di gerbang tersebut banyak yang mati, sehingga warga yang ingin beristirahat di malam hari banyak yang takut.

Salah seorang tokoh masyarakat di sekitar gerbang pintu masuk kawasan Seribu Rumah Gadang, Weldi mengatakan, lokasi ini sangat bagus untuk masyarakat beristirahat dan berwisata tetapi karena banyaknya lampu yang mati sehingga tidak ada masyarakat yang berhenti untuk beristirahat di malam hari.

Saya kuatirnya lokasi ini nantinya bisa juga dijadikan untuk kegiatan muda mudi,pacaran dan sebagainya,karena penerangan tidak ada.

"Lampu pintu gerbang balun tidak hidup lagi, biasanya orang istirahat nyaman, makan makan sambil istirahat, sekarang tidak nyaman lagi karena tidak ada lampu penerang," ucapnya kesal.

Harmon salah  seorang pengunjung kepada media menyampaikan kekesalannya. "Saya warga Kerinci sering lewat bahkan sering mampir di lokasi yang megah ini bersama keluarga, karena lokasinya indah, bangunannya unik dan jarang dijumpai, bisa tempat istirahat sejenak jika letih, namun beberapa bulan ini. Saya malas lagi istirahat di sana, ondisinya kotor, lampu penerangan tidak ada lagi," ujarnya.

Sementara Camat KPGD Syahrul Munir membenarkan hal ini. Menurut camat inilah yang menjadi kendala pemerintahan kecamatan, tidak tau siapa yang mengelola ini, karena setelah bangunan siap tidak mendapatkan laporan, apakah ini diserahkan pada kecamatan untuk mengolahnya, atau pihak kabupaten.

Namun hal ini tidak bisa dibiarkan, satu satunnya lokasi trategis,tempat orang orang beristirahat bahkan bisa juga pemasukan bagi warga sekitarnya,ini akan kami bicarakan ditingkat kabupaten nanti. (Hendrivon)