Kapendam Jaya : 38 Tahun Menunggu, Rumah Nenek Ini Akhirnya Diperbaiki Satgas TMMD Kodim Depok

iklan halaman depan

Kapendam Jaya : 38 Tahun Menunggu, Rumah Nenek Ini Akhirnya Diperbaiki Satgas TMMD Kodim Depok

Minggu, 22 Maret 2020
.


Depok, fajarsumbar.com - Di tengah pesatnya pembangunan di Tanah Air, harus diakui masih banyak masyarakat Indonesia yang hidup di tempat yang kurang layak, memiliki kesehatan yang kurang layak dan penghidupan yang kurang layak.

Misalnya saja seperti yang dialami oleh Nyai Marni (64). Hampir separuh hidupnya, ia harus rela tinggal di rumah tidak layak. Siang dan malam, panas dan hujan dilaluinya dengan sabar di rumah tersebut sejak 38 tahun silam.

Empat tahun belakangan, kondisinya kian tak mudah. Marni harus ditinggal sang suami untuk selama-lamanya yang meninggal dunia. Sementara, dari lima anaknya, hanya Dede Komariah (38), anak kedua yang masih tinggal bersamanya.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Marni mengandalkan pemasukan dari Dede. Itu pun tidak menentu, lantaran Dede juga bekerja serabutan, untuk menyambung hidup hari itu.

"Ya emang begini dah rumah nyai adanya. Ini sudah 38 tahun begini-begini aja. Masih syukur bisa ditinggalin ini. Orang buat hidup aja kita yang penting hari ini bisa makan dulu," ujar Marni, Minggu (22/3)

"Boro-boro mikirin benerin rumah. Orang besok makan apa aja kita belum pikirin. Si Dede kan kerja seada-adanya aja. Disyukurin aja," imbuhnya.

Rasa syukur itu yang akhirnya berbuah manis. Rumah Nyai Marni terpilih menjadi salah satu rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang akan direnovasi dalam pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 tahun 2020 di wilayah Kodim 0508/Depok.

Sejak tiga hari lalu, rumah Nyai Marni diperbaiki oleh Satgas TMMD yang berasal dari Batalyon Armed-7/105GS dan Denzipur-3/ATD Kodam Jaya/Jayakarta. Nyai Marni pun tak henti-hentinya bersyukur, melihat rumah yang selama ini didiaminya diperbaiki oleh TNI.

"Enggak mimpi aja Nyai ini rumah bakal diperbaiki. Orang sudah 38 tahun sih begini, eh Alhamdulillah diperbaiki sekarang. Bersyukur banget deh nyai," tandasnya. (*)