Kapendam Jaya : PPM Dukung Satgas TMMD Ke-107 Kemanungalan TNI-Rakyat Terwujud di Kodim 0508/Depok

iklan halaman depan

Kapendam Jaya : PPM Dukung Satgas TMMD Ke-107 Kemanungalan TNI-Rakyat Terwujud di Kodim 0508/Depok

Jumat, 27 Maret 2020
.

Cililitan, fajarsumbar.com - Kapendam Jaya/Jayakarta Kolonel Inf Zulhadrie, S. Mara mengatakan kehadiran
sejumlah personel Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Panca Marga (PPM), membantu pengerjaan sasaran fisik pengerasan Jalan H. Amin di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, menandakan kemanunggalan TNI-Rakyat terwujud di wilayah Kodim 0508/Depok, kata Kapendam Jaya di kantornya, Senin (23/3/2020).

Pengerasan jalan ini termasuk dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 tahun 2020 di wilayah Kodim 0508/Depok, Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya/Jayakarta, jelasnya.

Dilokasi pelaksanaan TMMD  Ketua PPM Kota Depok Hendrik mengatakan "Kami sengaja datang ke sini untuk membantu Satgas TMMD mengerjakan pengerjaan jalan di sini. Di lokasi-lokasi TMMD lainnya juga kami datang ke lokasi dan membantu Satgas TMMD," kata Hendrik.

"Kami ini kan lahir dari tentara juga, jadi kami sama dengan rekan-rekan TNI saat ini, untuk membantu berbagai program yang mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Pada kesempatan itu Hendrik juga mengukapkan sekilas sejarah dibentuknya PPM, lanjutnya agar semua tahu, bahwa PPM dibentuk pada tahun 1967 atau sepuluh tahun setelah pembentukan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Ketika itu, di tengah gonjang-ganjing krisis politik yang terjadi, LVRI melahirkan PPM untuk menyelamatkan keluarga veteran dari krisis tersebut.

"Atas pertimbangan itulah, direstui pembentukan organisasi yang diberi nama PPM, dengan menggunakan kode etik Panca Marga sebagai pengikat mereka dengan orang tuanya," sesuai dengan kata Ketua Umum LVRI 2017-2019 Letjen TNI (Purn) Rais Abin beberapa waktu lalu , tutupnya. (*)