PLTU Ombilin Tetap Optimalkan Penyediaan Tenaga Listrik di Tengah Wabah Corona

iklan halaman depan

PLTU Ombilin Tetap Optimalkan Penyediaan Tenaga Listrik di Tengah Wabah Corona

Jumat, 27 Maret 2020
Periksa suhu tubuh

SAWAHLUNTO - Di tengah merebaknya wabah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), hampir di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia, PT PLN (Persero) UPK Ombilin tetap berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan listrik untuk mayarakat, khususnya untuk wilayah Sumbar dan sekitarnya.

"Ini adalah tugas mulia, bagaimanapun kondisi akhir-akhir ini terkait Virus Corona, PLN adalah bagian dari yang tak kalah penting berperan untuk meminimalisir penyebaran Virus Corona, ada banyak rumah sakit dan instansi lain yang kehandalan pasokan listriknya tetap harus kita jaga", ungkap Manager PLN UPK Ombilin Daryanto melalui Hubungan Masyarakat (Humas) PLTU Ombilin Ahmadi.

Penyemprotan

Untuk itu menurutnya, PLN UPK Ombilin yang merupakan salah satu unit operasional PLN di wilayah Sumbar juga memastikan seluruh keluarga besarnya dapat terhindar dari potensi penyebaran Covid-19, sehingga dapat terus memberikan pelayanan yang optimal.

Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, PLN Ombilin telah melakukan langkah-langkah penanggulangan secara komprehensif untuk semua pegawai, tenaga alih daya dan seluruh pekerja Eksternal yang berada dilingkungan area PLTU Ombilin, antara lain:

Penyemprotan

Membentuk posko monitoring perkembangan Covid-19 yang tugasnya memastikan seluruh keluarga besar PLN UPK Ombilin dalam keadaan sehat dan terhindar dari potensi penyebaran Covid-19 serta memastikan pegawai yang sakit untuk dapat segera diobati selanjutnya melaporkan setiap hari perkembangan kondisi kesehatan seluruh pegawai.

Selain itu juga dilakukan upaya pengendalian pekerjaan dilapangan seperti :

Penyemprotan

1. Pembatasan tamu, tamu pekerja dari luar PLTU harus melampirkan surat keterangan sehat dari rumah sakit atau klinik terakreditasi, selanjutnya seluruh data tamu tersebut disampaikan secara resmi kepada pihak terkait. Dan sebelumnya tamu telah melalui pemeriksaan temperatur suhu tubuh dan penyemprotan cairan Disinfektan.

2. Untuk pegawai yang tidak terkait langsung dengan Operasional pembangkit diberlakukan sistem kerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Penyemprotan

3. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) personil operasional  pembangkit seperti petugas keamanan, petugas Operator dan pemeliharaan pembangkit diberikan Makanan penunjang kesehatan (Ekstra Fooding) berupa vitamin dan susu serta buah setiap hari.

4. Selanjutnya untuk memonitor kesehatan setiap pegawai diberlakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

5. Untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar pembangkit manajemen telah menyiapkan hand sanitizer di setiap area, tempat cucian tangan dilengkapi sabun antiseptik dan penyemprotan cairan Disinfektan keseluruhan area kerja.

Penyemprotan

Selanjutnya dari sisi manajemen pusat dan induk, dalam rangka mendukung komitmen program pencegahan penyebaran Covid-19 oleh pemerintah.

"Direksi PLN telah mengeluarkan surat Edaran Direksi yang khusus dipersiapkan guna menjamin terlaksananya upaya pencegahan Covid-19 pada seluruh Area kerja PLN di seluruh indonesia, Semoga kita semua bisa segera melewati wabah ini dengan cepat", harapnya kemudian. (adv/ton)