Seorang Warga Pariaman Berstatus ODP Meninggal

iklan halaman depan

Seorang Warga Pariaman Berstatus ODP Meninggal

Jumat, 27 Maret 2020


(Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman)


Pariaman, fajarsumbar.com - Satu warga berstatus orang dalam pantauan (ODP) asal Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat AR (38) meninggal dunia pada Kamis sore yang bersangkutan baru pulang dari Kota Medan Sumut sekitar enam hari lalu, dan belum sempat menjalani rawat inap di rumah sakit.

"Pasien ini merupakan perantau yang baru pulang dari Medan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul di Pariaman, Kamis.


Ia mengatakan pihak terkait telah mengambil sampel dari ODP tersebut untuk pengujian laboratorium.

"Jika tidak ada halangan besok hasilnya sudah bisa keluar," katanya.


Ia menyampaikan sesuai prosedur pemakaman dari ODP tersebut diterapkan seperti penderita COVID-19 yaitu diselenggarakan oleh pihak rumah sakit guna mengantisipasi penyebaran virus.


Dikabarkan yang bersangkutan sempat tidak mau diperiksa petugas kesehatan setempat sehingga akhirnya pagi tadi mau menjalani pemeriksaan kesehatan ke RSUD dr. Sadikin, namun kondisi kesehatannya semakin memburuk dan dibawa ke RSUD Pariaman.


Berdasarkan rekap dari Pemerintah Kota Pariaman hingga sore kemarin jumlah ODP di daerah itu sebanyak 38 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak tiga orang.

Ia tetap meminta warga di daerah itu berada di rumah, sering cuci tangan pakai sabun, jaga jarak fisik dengan orang lain, dan jaga asupan gizi sebagaimana dikutip pada antaranews.com.


Ia mengimbau perantau untuk tidak pulang kampung terlebih dahulu guna mengurangi penyebaran COVID-19 sedangkan jika terlanjur sudah sampai ke Pariaman maka segera memeriksakan kesehatan ke Puskesmas setempat. (*)