Uji Coba Penyemprotan Disinfektan Menggunakan Drone

iklan halaman depan

Uji Coba Penyemprotan Disinfektan Menggunakan Drone

Jumat, 27 Maret 2020

(ilustrasi)


Jakarta, fajarsumbar.com - Pemerintah Jakarta Selatan bekerja sama dengan Dinas Potensi Kedirgantaraan (Dispotdirga) dan Federasi Aerosport Indonesia (FASI) menyiapkan proses penyemprotan disinfektan menggunakan drone. 

Proses disinfektan ini sendiri merupakan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang sudah membuat ratusan orang terinfeksi dan puluhan meninggal dunia. Uji coba menerbangkan drone pun dilakukan di Lapangan Aldiron, Jakarta Selatan, Kamis (26/3/2020). 

"Jadi Dispotdirga bersama Pemerintah Jakarta Selatan, akan bekerja sama untuk membantu proses disinfektan dengan menggunakan drone, dan ini merupakan upaya yang baik dalam mencegah penyebaran Covid-19," kata Kepala Dispotdirga, Marsma TNI Basuki Rochmat. 

Dispotdirga menyediakan sekitar 5 unit drone untuk melakukan penyemprotan tersebut. "Kita sediakan 5 unit drone, dan berapa unit yang dikerahkan tergantung dari luas wilayah dan kebutuhan yang akan disemprot," ujar Basuki Rochmat. 

Basuki Rochmat menyatakan bahwa setiap unit drone mampu membawa sekitar 16 liter cairan disinfektan. Dikonfirmasi di kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji berterima kasih atas bantuan dari Dispotdirga TNI AU dan rencananya akan mulai menyemprot disinfektan esok Jumat (27/3/2020) sebagaimana dikutip pada kompas.com.

"Kemungkinan kita akan melakukan di sekitar kawasan Gelora Bung Karno yang masuk wilayah Jakarta Selatan, lalu mungkin di sekitar Melawai," kata Isnawa Adji. Selain menguji coba drone untuk menyemprot disinfektan, pada kesempatan yang sama juga dilakukan uji coba drone untuk mengukur panas tubuh. (*)