Warga Pessel Diimbau Waspadai Angin Langkisau

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan



Warga Pessel Diimbau Waspadai Angin Langkisau

Selasa, 24 Maret 2020
Suasana di salah satu sudut pantai di Pessel


Painan, fajarsumbar.com - BMKG meminta masyarakat Pesisir Selatan, Sumbar waspada terhadap kemungkinan terjadinya angin langkisau atau puting beliung yang diprakirakan sering terjadi saat pancaroba, peralihan dari musim hujan ke kemarau.

Seperti angin punting beliung yang terlihat oleh masyarakat di Ampiang Parak, Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Selasa (24/3/2020).

Kepala BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Herman budiarto mengatakan masyarakat harus berhati-hati dan waspada terdapat cuaca ekstrem yang sering terjadi selama masa peralihan pancoroba tersebut.

Selain puting beliung, pada masa peralihan juga perlu diwaspadai terjadinya hujan lebat secara tiba-tiba dengan durasi antara 30 hingga 60 menit. Biasanya disertai angin kencang dan petir, ucap dia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebelumnya juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana alam menyusul memasuki musim pancaroba itu. "Kita tetap waspada karena curah hujan dan angin kencang berpeluang siang hingga malam."

BPBD Kabupaten Pesisir Seltan menginstruksikan aparat kecamatan dan nagari agar meningkatkan kewaspadaan bencana alam.

Peringatan kewaspadaan itu untuk mengantisipasi risiko pengurangan kebencanaan hingga tidak menyebabkan korban jiwa maupun kerusakan tutupnya.(ef)