Penyaluran APD, Puskesmas Harus Jadi Perhatian Serius

iklan halaman depan

Penyaluran APD, Puskesmas Harus Jadi Perhatian Serius

Kamis, 30 April 2020
Yuafdal., SKM

Solok Selatan, fajarsumbar.comSudah seharusnya dalam penyaluran bantuan Alat Pelindung Diri (APD), ke Puskesmas juga menjadi perhatian serius. Sebab petugasnya juga menjadi bagian terdepan untuk menangani virus corona (Covid-19).

Puskesmas  sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)  mempunyai peran penting dan sangat krusial dalam menanggulangi wabah covid 19 yang telah mendunia ini.

Peran yang  seharusnya di manfaatkan secara optimal, sebagai langkah awal menghadapi wabah covid 19 ini, tanpa mengesampingkan fungsi dari rumah sakit sebagai layanan pengobatan dan penanganannya (fungsi kuratif). 

Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Pakan Selasa, Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan, Sumbar, Yuafdal SKM, kepada media ini, usai menerima bantuan APD dari Provinsi Sumatra Barat, yang disalurkan oleh anggota DPRD Provinsi Sumbar Nurfirmanwansyah, Kamis (30/4/2020).

Puskesmas dan jejaringnya (Pustu, Polindes dan bidan desa) yang pertama sekali terpapar dalam skrining awal dari penemuan kasus dan pemutusan rantai penularan Covid-19 ini.

"Puskesmas juga harus di perkuat dengan APD yg memadai, baik dari segi kualitas dan kuantitasnya, karena petugas kesehatan terutama petugas puskesma yang paling depan terpapar dengan wabah covid 19," ungkapnya. (Hendrivon)