Segera Salurkan Bantuan Sosial untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

iklan halaman depan

Segera Salurkan Bantuan Sosial untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Rabu, 29 April 2020
H. Refrizal


Padang Pariaman, Fajarsumbar.com-Mantan anggota DPR-RI yang juga Ketua Umum PKDP, H. Refrizal mendesak pemerintah segera merealisasikan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak virus korona atau covid-19. Alokasi anggaran sudah ada di APBN dan APBD, sehingga tak ada alasan untuk berlambat-lambat menyalurkan bantuan yang sangat dibutuhkan masyarakat tersebut.

Desakan itu disampaikan Refrizal, Rabu (29/4). Menurut Refrizal, pemerintah mesti segera merealisasikan bantuan bagi masyarakat terdampak covid-19.

Saat ini, bantuan terhadap masyarakat terdampak covid-19, terutama di berbagai kabupaten dan kota di Sumbar terkesan tak ada kejelasan. Padahal, sudah sebulan lebih pandemi covid melanda daerah ini dan sudah sepekan daerah-daerah di Sumbar menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Dengan sudah adanya alokasi dana di APBN dan APBD, bantuan bagi masyarakat terdampak covid-19 seharusnya sudah disalurkan. "Secepatnya salurkan bantuan untuk masyarakat," tegas Refrizal.

Refrizal mendesak agar pemerintah daerah, baik pemerintah kota dan kabupaten untuk menuntaskan masalah data penerima bantuan. Jangan ada data penerima yang tumpang-tindih. Jangan pula data yang tidak valid menjadi alasan tertundanya penyaluran bantuan untuk masyarakat.

Saat ini, masyarakat terdampak covid-19 sangat membutuhkan uluran tangan. Bantuan dari pemerintah tentu bukan segala-galanya, namun menjadi yang utama. "Masyarakat juga harus bergerak untuk saling membantu," ujar Refrizal yang terus menyalurkan bantuan beras bagi masyarakat terdampak covid-19 di Kabupaten Padang Pariaman. (arr)