12 Desa di Mentawai Sudah Salurkan BLT DD, 31 Desa Lagi Masih Proses Pencairan

iklan halaman depan

12 Desa di Mentawai Sudah Salurkan BLT DD, 31 Desa Lagi Masih Proses Pencairan

Rabu, 20 Mei 2020
ilustrasi

Mentawai, fajarsumbar.com - Bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) di Kabupaten Kepulauan Mentawai  mulai disalurkan.

Setidaknya sudah ada 12 desa dari 43 desa yang tersebar di Kepulauan Mentawai sudah menyalurkan kepada 1.802 Kepala Keluarga (KK). Sementara 31 desa lagi masih dalam proses pencairan.

Hal itu dikatakan Sekretaris  DPMP2KB Mentawai Fuji Rahayu pada konpers di Aula sekretariat daerah Mentawai Rabu, (20/5/2020).

"Untuk BLT DD sudah 12 desa yang sudah menyalurkan kepada masyarakat. 31 desa lagi masih dalam proses pencairan" katanya.
Ia menambahkan  bahwa, masing-masing masyarakat menerima uang tunai sebesar Rp600 ribu diberikan selama 3 bulan, terhitung sejak April hingga Juni 2020.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, pemerintah terus berupaya untuk bisa membantu masyarakat yang layak menerima program BLT-DD,“ jelasnya.

Lebih lanjut Fuji Rahayu menjelaskan 31 desa yang masih dalam proses pencairan, akan menyalurkan BLT-DD setelah lebaran.
"31 desa lagi penyaluran usai lebaran" ujarnya.

Bantuan ini diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk warga  terdampak Covid-19 dan bukan warga yang sudah mendapatkan bantuan dari APBD atau APBN.

Bantuan selain bersumber dari dana desa itu seperti PKH (program keluarga harapan), BPNT (bantuan pangan non tunai), BSP (bantuan sosial pangan) maupun bantuan pra kerja bagi karyawan/buruh.

Ada 14 kriteria penerima BLT-DD. Diantaranya keluarga miskin yang tidak tercatat sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Pra Kerja, kehilangan mata pencaharian akibat wabah Covid-19, serta memiliki keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis. (PM)