Aksi Pemuda Peduli, KNPI Tanah Datar Salurkan Bantuan Sembako

iklan halaman depan

Aksi Pemuda Peduli, KNPI Tanah Datar Salurkan Bantuan Sembako

Kamis, 21 Mei 2020

.
Tanah Datar, fajarsumbar.com-Salah satu Progam Cegah Tangkal (Cekal) Covid-19, dari DPD KNPI Tanah Datar  melakukan pembagian sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. 

Diantaranya adalah pekerja harian lepas, kelompok lansia, pekerja serabutan, pedagang asongan dan lain sebagainya yang kehilangan sumber mata pencaharian akibat wabah covid ini.

Penggalangan dana yang dinamakan Pemuda Tanah Datar Peduli ini, bergerak dengan jargon "Kita harus terus kuat dan bersatu untuk saling membantu satu sama lain di masa-masa berat ini". 

Paket sembako yang akan disalurkan bernilai Rp. 100.000 degan rincian 5 Kg Beras, 1 L minyak goreng dan 10 Butir Telur Ayam.

Dalam kegiatan sosial ini, DPD KNPI Tanah Datar bekerjasama dengan Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanah Datar, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Tanah Datar,  Komunitas Lapak Baco, Bociling Social Care, Relawan Perubahan Tanah Datar, Tanah Datar Malala dan Sangka Mambaco. 

Sekretaris KNPI Tanah Datar, Yhohannes Neoldy sebagai Koordinator aksi ini mengatakan bahwa open donasi ini sudah berjalan satu setengah bulan, dan target penyaluran beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri. 

Donasi yang dikumpul diterima melalui rekening KNPI sebanyak  Rp. 1.725.000,- pada Bank Syariah Mandiri, Bank BRI dan Bank Nagari. Bantuan lain juga diterima dalam bentuk barang seperti beras, telur dan minyak goreng. 

Total keseluruhan donasi ini dibagi menjadi 81 paket sembako. Kendaraan untuk mendistribusikan bantuan tersebut di fasilitasi oleh Dinas PARPORA Tanah Datar.

Selain itu, bersinergi dengan KNPI Provinsi Sumatera Barat, KNPI Tanah Datar juga menerima 15 Paket sembako dari DPD KNPI Sumatera Barat. KNPI Sumbar juga melibatkan KNPI di Kab./Kota lain dalam berbagi sembako, bagi pemuda dan masyarakat terdampak covid.

Bayu, Bendahara KNPI Tanah Datar menambahkan bahwa masyarakat yang menerima sembako ini adalah rekomendasi hasil dari pengamatan pengurus KNPI dan beberapa organisasi lainnya, yang sebelumnya diketahui memang tidak menerima program bantuan dalam bentuk lain dari pemerintah. 

Kemudian juga agar lebih terkoordinir, KNPI Tanah Datar berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid untuk melaporkan hasil Donasi yang telah dilaksanakan. 

“Kami merasa perlu untuk berkoordinasi dan melaporkan ini, agar bantuan yang kami salurkan tepat kepada yang berhak, bahkan nanti secara tertulis akan kami serahkan," ujarnya.

Setelah pembagian di lakukan lengkap dengan lampirannya, baik kwitansi, foto copy buku rekening dan dokumen lainnya. Agar partisipasi masyarakat yang sudah membantu melalui KNPI dapat tercatat dengan baik.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Tanah Datar Hebby Rahmatul Utamy berharap, bantuan ini dapat sedikit meringankan beban kebutuhan pangan bagi masyarakat yang terdampak, semoga bermanfaat bagi masyarakat yang menerima. 

Kata Hebby, dalam proses pendistribusian bantuan ini, ia meminta seluruh pengurus yang turun ke lapangan untuk tetap sesuai protokol kesehatan, memakai masker guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. 

“Saya meminta rekan-rekan untuk memakai masker, menjaga jarak dan lebih penting juga turut serta mengedukasi masyarakat untuk rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan.” tambahnya. (*/adek)