Bansos Covid-19 Kab. Solok akan Diantarkan ke Rumah Warga

iklan halaman depan

Bansos Covid-19 Kab. Solok akan Diantarkan ke Rumah Warga

Senin, 04 Mei 2020
Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM dalam rapat penyaluran bantuan dampak sosial Covid-19 di Kabupaten Solok, di Guest House Arosuka, Minggu (03/05/2020).

Solok, fajarsumbar.com - Bantuan sosial (Bansos) yang akan diberikan Pemkab Solok dibagi du macam. Pertama bantuan yang telah ada sebelum Covid-19 diantaranya, bantuan PKH yang akan diberikan kepada 2.565 KK. Bantuan PKH-sembako untuk 13.258 KK dan bantuan sembako akan disalurkan kepada 7.938 KK.

Bagian kedua dari Bansos yang akan disalurkan Pemkab Solok pada bulan Mei ini yaitu, Bantuan Pandemi Covid-19 diantaranya, Bansos BLT dari pemerintah pusat tersebut akan diserahkan kepada 14.665 KK.

Kemudian Bansos dari Pemprov Sumbar juga akan disalurkan sebanyak  9.902 KK dan diserahkan kepada nagari sepenuhnya. Terakhir bantuan dana desa sebanyak 13.359 KK.

Hal tersebut disampaikan Bupati Solok H. Gusmal, SE.MM, dalam rapat penyaluran bantuan dampak sosial Covid-19 di Kabupaten Solok di Guest House Arosuka, Minggu (03/05/2020). 

Hadir mendampingi bupati dalam rapat tersebut, Wabup Solok H.Yulfadri Nurdin, SH, Sekda Kab.Solok H.Aswirman, SE.MM, Askor Bid Pem Edisar, SH.M.Hum, Askor Bid Eksbangkesra Medison, S.Sos.M.Si, Askor Bid Adm Sonny Sondra, SE.M.Si, Kepala SKPD dilingkup Pemkab Solok beserta camat se-Kabupaten Solok.

Kesimpulan lain dalam rapat tersebut menyebut bahwa, seluruh penerima bantuan yang 6 macam seperti, PKH, PKH-Sembako, Sembako, BLT Pusat, BLT Pemprov dan BLT Dana Desa, juga akan mendapatkan bantuan beras (premium) dari APBD Kab.Solok yang semula 20 Kg/KK, dikarenakan jumlahnya meningkat maka berkurang menjadi 10 Kg/KK untuk bulan April, pada bulan Mei juga akan disalurkan.

Mengenai teknis penyerahan bantuan sosial tersebut bupati menjelaskan, masyarakat penerima tidak boleh mengambil atau menjemput bantuan tersebut.

Hal tersebut dijelaskan bupati guna meminimalisir pengumpulan massa, untuk itu kepada pihak nagari bupati mengintruksikan agar membentuk tim penyaluran bantuan tersebut.

Mengenai penyaluran bantuan sosial tersebut bupati juga menjelaskan bahwa bantuan tersebut tidak seluruhnya diantar ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Solok, namun diantar bergilir sesuai status kecamatan, mulai dari status merah, kuning dan hijau.

Selanjutnya bupati menyebut, mengenai bantuan yang akan diserahkan kepada 4 Panti Asuhan yang ada di Kabupaten Solok, yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Solok.

Tidak hanya itu, bupati juga menyampaikan sekaitan Bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat Kabupaten Solok sebanyak 61.687 KK (72,5%) akan dibantu oleh Pemda Kab.Solok dan segera disalurkan.

Dikesempatan itu bupati kembali menegaskan, terkait dengan penerima BLT Dana Desa, tidak boleh dempet dengan BLT yang 5 sebelumnya.

Itu artinya, BLT Dana Desa tersebut adalah untuk masyarakat yang belum mendapatkan bantuan yang 5 sebelumnya.(nr)