Berada di Zona Hijau, Warga Berharap Sijunjung Tetap Laksanakan Shalat Idul Fitri

iklan halaman depan

Berada di Zona Hijau, Warga Berharap Sijunjung Tetap Laksanakan Shalat Idul Fitri

Kamis, 21 Mei 2020
Hidayatullah., Lc.Ma

Sijunjung, fajarsumbar.com - Banyak warga yang mengharapkan shalat hari raya Idul Fitri bisa dilaksanakan khususnya di Kabupaten Sijunjung, karena menurut masyarakat sebulan penuh berpuasa menahan haus dan lapar tidak lengkap rasanya kalau tidak melaksanakan shalat hari raya Idul Fitri.

Hal itu disampaikan beberapa warga Sijunjung ke fajarsumbar.com, Kamis (21/5/2020) di Muaro.

Menurut Siar, Indin dan Enti disitulah rasa meraih kemenangan dan bahagia ketika melaksanakan Shalat Idul fitri. Untuk itu warga berharap ke Pemerintah Kabupaten Sijunjung agar bisa melaksanakan shalat Idul Fitri.

Sementara itu Ketua MUI Sijunjung H. Hidayatullah., Lc.Ma., yang dikonfirmasi fajarsumbar.com, Kamis (21/5/2020) mengatakan Majelis Ulama Indonesia Sijunjung tidak pernah melarang untuk melaksanakan shalat Idul fitri.

"Kami sudah membuat surat bersama dengan pemerintah Kabupaten Sijunjung/Bupati dengan Nomor 360/03/covid-19-sjj-2020 yang intinya silahkan untuk melaksanakan Shalat Idul fitri di mesjid yang ada di setiap nagari, karena memang saat ini kita dalam keadaan ditimpa wabah Covid-19 untuk melaksanakan shalat Idul fitri pakai lah masker dan bawa sejadah dari rumah masing masing jemaah," ujarnya.

Mungkin tahun ini agak terasa asing bagi warga dalam melaksanakan shalat Idul fitri kali ini, yang biasanya dilakukan di lapangan terbuka oleh pemerintah sekarang di masjid, namun ini tidak mengurangi arti.

Dikatakannya juga mengapa diserahkan ke wali nagari masing-masing untuk melaksanakan shalat Idul Fitri, karena wali nagari lah yang tahu dengan kondisi masyarakatnya untuk melaksanakan shalat hari raya Idul Fitri Sesuai dengan surat yang sudah diterbitkan oleh Bupati, agar melaksanakan sesuai protap covid-19, memakai masker dan membawa sejadah masing-masing dari rumah.

Sementara itu ketua Kerapatan Adat Alam Minangkabau LKAAM Kabupaten Sijunjung H Epiradisman., SH, ke fajarsumbar.com  lewat telpon selulernya, setuju dengan dilaksanakannya Shalat Idul Fitri di masjid karena Kabupaten Sijunjung masih dalam daerah zona hijau. "Jadi apa salahnya kita melakukan shalat Idul fitri di mesjid," jelasnya. (def)