Bupati Solok Instruksikan Walinagari Dirikan Posko Check Point Setiap Jorong

iklan halaman depan

Bupati Solok Instruksikan Walinagari Dirikan Posko Check Point Setiap Jorong

Selasa, 19 Mei 2020
Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM perintahkan Walinagari se-Kabupaten Solok dirikan Pos Pemantauan (chek point) ditiap jorong, melalui Intruksi Bupati Solok Nomor : 360/91/KBP-2020 di Arosuka, Selasa (19/05/2020).

Solok, fajarsumbar.com - Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM menginstruksikan walinagari dirikan posko check point di setiap jorong.

Sebagai instruksi Bupati Solok Nomor: 360/91/KBP-2020, tentang pembentukan pemantauan pendatang/perantau pada jorong, dusun, kampung, komplek perumahan atau nama lainnya, dalam rangka penanganan Covid-19 di Kab.Solok.

Bupati Solok H.Gusmal,SE.MM menegaskan, pos pemantauan (chek point) tersebut sudah harus dibentuk ditiap Jorong, mulai semenjak tanggal intruksi bupati Solok tersebut dikeluarkan, yaitu tanggal 19 Mei 2020.

Dalam surat tersebut Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM menyebut, hal itu dilakukan sehubungan dengan intruksi Gubernur Sumbar Nomor: 360/030Covid-19-SBR/IV-2020 tentang pembentukan pos pemantauan pendatang/perantau pada jorong, dusun, kampung, /RT/RW atau nama lainnya dalam rangka penanganan Covid-19 di Sumbar.

Dalam intruksi bupati Solok menyebutkan, terkait dengan tugas petugas pos pemantauan (chek point) diantaranya,

Mencatat warga pendatang/perantau yang memasuki wilayahnya.

Selanjutnya disebutkan bupati, mengenai unsur dari petugas yang di tempatkan nanti di pos chek point tersebut, untuk walinagari tidak saja hanya melibatkan perangkat jorong, namun juga tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

Mengenai tugas di pos pemantauan (chek point) tersebut juga disebutkan bupati, agar mengarahkan setiap perantau yang memiliki gejala terjangkit Covid-19, segera ke Puskesmas terdekat untuk melakukan pemerikasaan kesehatan lebih lanjut.

Kemudiaan tugas lainnya yaitu, memastikan para perantau yang datang untuk melaksanakan isolasi mandir, atau dikarantina pada fasilitas yang disediakan oleh Pemda, serta mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.(nr)