DPRD Tanah Datar Sampaikan Catatan Strategis Kepada Bupati Irdinansyah Tarmizi atas LKPj 2019

iklan halaman depan

DPRD Tanah Datar Sampaikan Catatan Strategis Kepada Bupati Irdinansyah Tarmizi atas LKPj 2019

Rabu, 20 Mei 2020
Bupati Irdinansyah Tarmizi mendengarkan Video Conference atas LKPj 2019

Tanah Datar, fajarsumbar.com
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Datar sampaikan catatan strategis kepada Bupati Tanah Datar atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2019.

Catatan strategis yang disampaikan berupa rekomendasi, saran, dan masukan terhadap program atau kegiatan pemerintah daerah yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran 2019 oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Sidang Paripurna melalui Video Conference di Gedung DPRD, Rabu (20/5).

Sidang Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Tanah Datar, Rony Mulyadi Dt Bungsu didampingi Wakil Ketua Saidani dan dihadiri 15 anggota dewan dan didengar langsung Bupati Irdinansyah Tarmizi, sekda, para asisten, pimpinan OPD di ruang kerja Bupati di Indojolito.

Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Saidani  mengatakan hasil rumusan catatan strategis dewan ini bersumber dari pembahasan  panitia khusus (pansus) yang telah lakukan pengecekan di bidang masing-masing dengan demikian sedikitnya ada 30 catatan yang disampaikan.

"Rekomendasi dewan ini diharapkan menjadi pegangan bagi Bupati untuk memperbaiki kinerja pemerintah daerah di masa yang akan datang dan bagi DPRD sendiri sebagai dokumentasi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan berikutnya," kata Saidani.

Dari keseluruhan catatan strategis dewan merekomendasikan pemerintah daerah dalam melaksanakan program harus merujuk pada prinsip efektif, efisien, dan ekonomis, sehingga penggunaan anggaran dapat dilaksanakan dengan baik dalam mendukung visi dan misi kepala daerah.

Dewan mengharapkan ke depan pemerintah daerah dapat meningkatkan kinerja dalam merencanakan kegiatan benar-benar dapat  terealisai dan dapat dimanfaatkan langsung. 

Di akhir laporan, kepada Bupati Tanah Datar dan jajarannya, diharapkan agar catatan strategis DPRD betul-betul diperhatikan dan pada saatnya ditindaklanjuti untuk perbaikan dan koreksi penyelenggaraan pemerintah ke depannya.

Sementara itu menanggapi rekomendasi tersebut, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menyampaikan terima kasih atas semua rekomendasi yang disampaikan dewan untuk kemajuan daerah ke depan.

"Kekurangan dan kelemahan yang ada merupakan tanggung jawab saya selaku pimpinan daerah yang memegang amanah dari rakyat Tanah Datar dan pelaksanaan program selama setahun terakhir ini telah diupayakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi kepentingan masyarakat”, ungkap Bupati.

Bupati juga mengharapkan kepada OPD untuk ke depan, “mari kita minimalisir kesalahan dan akan menjadi kewajiban kita semua untuk memperbaiki dan menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan DPRD secara bersama-sama pula sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga sampaikan, "ucapan terimakasih atas dukungan dalam penanganan kasus Covid-19 dan kita sampai tanggal (29/5/20) tetap menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan beberapa hari lagi kita akan merayakan hari raya Idul Fitri 1441 H, untuk itu saya ingin menyampaikan mohon maaf lahir dan batin,” ujar bupati. (Freddy)