Gusmal: "Anggaran Refocusing Harus Tepat Sasaran"

iklan halaman depan

Gusmal: "Anggaran Refocusing Harus Tepat Sasaran"

Minggu, 17 Mei 2020
Rapat evaluasi dan refocusing anggaran pemerintah daerah Kabupaten Solok, Jumat (15/05/2020) di Guest House Arosuka

Solok, fajarsumbar.com
- Saat ini, diperlukan pemahaman bersama-sama, mengenai penggunaan anggaran, yang telah direfocusing pada masing-masing SKPD, untuk dapat direlokasi tepat sasaran.


Arahan tersebut diijelaskan Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM, dalam rapat evaluasi dan refucosing anggaran pemerintah daerah Kabupaten Solok, Jumat (15/05/2020) di Guest House Arosuka.

Disampaikan bupati bahwa, pemerintah daerah telah melakukan recofusing untuk belanja modal sebesar 38%, dan belanja barang dan jasa 19%, yang direalokasikan untuk belanja BTT sebesar lebih kurang 35 Miliar.

Bupati menyebut, hal itu dilakukan, guna menindak-lanjuti SKB Mendagri dan Menkeu tanggal 9 April, tentang percepatan penyesuaian APBD tahun 2020, dalam rangka penanganan Covid-19, dan pengamanan daya beli masyarakat serta perekonomian nasional. 

Lebih terperinci dijelaskan bupati bahwa, anggaran yang dapat direalokasi seperti, kegiatan yang secara umum kurang prioritas, dana yang masih diblokir, dana yang belum ditenderkan serta, kegiatan yang dibatalkan karena situasi berubah seperti saat Covid-19 sekarang ini.

Bupati menyebutkan bahwa, recofusing tersebut dilakukan dalam rangka, memfokuskan kembali belanja yang memungkinkan, untuk realokasi anggaran pencegahan penanganan Covid-19.

"Saat ini Pemkab Solok tidak lagi memfokuskan pada pencapaian terget RPJMD 2020. Hal ini disebabkan Pandemi global Covid-19 yang sangat berdampak pada perubahan APBD tahun 2020," tutur bupati

Menutup arahannya, Bupati Solok Gusmal berharap, semoga Covid-19 dapat cepat teratasi dan berlalu, sehingga sisa anggaran yang direalokasikan, baik itu untuk BTT dapat dipergunakan kembali kepada kegiatan semula.

Hadir dirapat tersebut, Sekada Kab.Solok H.Aswirman, SE.MM, Askor Adm Sonny Sondra, Askor Eksbang Kesra Medison, Kepala SKPD di lingkup Pemkab Solok beserta jajaran camat se-Kab.Solok.(nr)